Kitab - Ushul Fiqh Islami

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab218
PengarangAl ‘Alim Syaikh Wahbah Az-ZuhailiTahun Terbit Masehi/Hijriah1986 M/1406 H
PenerbitDaar Al FikrFan/KategoriUshul Fiqh
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Al ‘Alim Syaikh Wahbah Az-Zuhaili adalah seorang intelektual muslim berkebangsaan Syria. Beliau lahir pada tahun 1351 H bertepatan dengan tanggal 6 Maret 1932 M di Dir Athiyah Damaskus Syria, wafat di usia 83 tahun, yaitu pada tanggal 8 Agustus 2015 M . Ayahnya bernama Syaikh Musthafa az-Zuhaili, seorang ulama yang hafal al-Qur'an dan ahli ibadah. Dalam kesehariannya, beliau selalu memegang teguh al-Qur'an dan sunnah Nabi, serta hidup sebagai seorang petani dan pedagang. Sedangkan Ibunya bernama Fâthimah Binti Musthâfâ Sa'dah seorang perempuan yang sangat wara' dan berpegang teguh dengan syari'ah Islamiyah.

Kitab ini termasuk dalam kategori kitab tebal, memuat sekitar 1314 halaman  yang dibagi menjadi dua juz. Secara keseluruhan kitab ushul fiqh ini membahas kaedah kaedah dalam pengambilan hukum secara lengkap dan sangat mendalam seperti pembahasan mengenai hakim, mahkum dan mahkum alaih, Istinbath al hukmi, Istihsan dan seterusnya. Objek kajian dalam kitab ini berfokus kepada kaedah yang merupakan dalil syar’i sebagai landasan hukum berbeda dengan fiqh yang focus kajiannya adalah muamalah.

Syari’at dalam Islam adalah sebuah pedoman yang berisikan aturan dan hukum yang mengatur segala sendi kehidupan umat muslim. Ilmu yang mempelajari syai’at disebut dengan ilmu fiqh, merupakan ilmu yang berisikan kumpulan hukum syariat islam yang perlu diketahui semua umat muslim. Dan ilmu untuk memehami metode pangambilan hukumnya disebut dengan ilmu ushul fiqh, merupakan ilmu tentang kaidah kaidah yang digunakan dalam pengambilan hukum syari’at yang berlandaskan Al Qur’an, Sunnah.

Terimakasih telah membaca Kitab USHUL FIQH ISLAM,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga bermanfaat bagikita semua, dan silahkan lihat di daftar isi kami untuk mencari kitab kitab yang lain.

 

 IDENTITAS KITAB:

Judul Kitab :   USHUL FIQH ISLAM (PDF)

Tebal           :   1230 halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!