Kitab Lubab al-Ta'wil Fi Ma'ani al-Tanzil JUZ 2 (Tafsir Al-Khazin)

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab598
PengarangAla'uddin Ali bin Muhammad bin Ibrahim al-BaghdadiTahun Terbit Masehi/Hijriah2004 M/1424 H
PenerbitDar al-Kutub al-Ilmiyah - Beirut – LebanonFan/KategoriTafsir & Hadist
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Ala'uddin Ali bin Muhammad bin Ibrahim al-Baghdadi yang dikenal dengan Imam Al-Khazin. Seorang ulama yang dikenal memiliki ilmu yang mendalam, luas dan memiliki sikap wirai. Beliau lahir di Baghdad pada tahun 678 H dan wafat tahun 741 H di kota Halb (Aleppo). Dalam lingkup keilmuan tafsir, ada banyak sekali nama-nama para ulama yang dikenal luas karena karya tafsirnya yang berkualitas dan dijadikan rujukan serta bahan studi.

Kitab Lubab al-Ta'wil Fi Ma'ani al-Tanzil atau Tafsir al-Khazin ini terdiri dari 4 Juz. Untuk Juz 2 Menjelaskan Tafsir  SURAH AL-MAIDAH - YUSUF

Penulisannya bisa dibilang cenderung mengikuti penafsiran dalam kitab Tafsir al-Baghawi atau tafsir Ma'alim al-Tanzil. Hal ini memang dijelaskan sendiri oleh al-Khazin dalam pendahuluan Kitab Lubab al-Ta'wil Fi Ma'ani al-Tanzil ini. Dengan demikian, corak kitab ini tidak jauh berbeda dengan Tafsir al-Baghawi.

Kitab tafsir Lubab al-Ta'wil Fi Ma'ani al-Tanzil atau Tafsir al-Khazin ini bisa dibilang merupakan gabungan dari tafsir bil-Ma'tsur atau riwayat dan tafsir bil Ra'yi atau akal. Dikategorikan sebagai Tafsir bi al-Ma'tsur karena di dalam tafsir ini sumber-sumbernya banyak berasal dari kutipan riwayat-riwayat hadits, pendapat para shabat maupun tabi'in.

Akan tetapi disisi lain, Kitab tafsir Lubab al-Ta'wil Fi Ma'ani al-Tanzil atau Tafsir al-Khazin ini juga masuk dalam kategori Tafsir bi al-Ra'yi karena al-Khazin juga menuliskan hasil ijtihadnya sendiri. Bisa dibilang Kitab tafsir Lubab al-Ta'wil Fi Ma'ani al-Tanzil atau Tafsir al-Khazin ini merupakan tafsir bil ra'yi mahmud, atau tafsir dengan akal yang termasuk terpuji atau bisa digunakan sebagai rujukan. 

Terimakasih telah membaca  Kitab Lubab al-Ta'wil Fi Ma'ani al-Tanzil JUZ 2, di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

 

IDENTITAS KITAB

             
               

 

JUDUL                  

:

Kitab Lubab al-Ta'wil Fi Ma'ani al-Tanzil JUZ 2   (PDF)

 

PENULIS              

:

Ala'uddin Ali bin Muhammad bin Ibrahim al-Baghdadi

 

 

PENERJEMAH   

:

---------------

     

 

PENERBIT           

:

Dar al-Kutub al-Ilmiyah - Beirut – Lebanon

   

 

TAHUN                

:

 2004 M /1424 H

       

 

Tebal                  

:

568 halaman (PDF)

       

 

                         

 

 

Silahkan sebarkan dan bagikan postingan ini

Semoga bermanfaat.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

Artinya: “Barangsiapa yang menunjukkan kepada sebuah kebaikan maka baginya seperti pahala pelakunya. [ riwayat Muslim].”

   


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!