Kitab Ad-Da’u wa Ad-Dawaa’u

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab727
PengarangIbnu Al-Qayyim Al-JauziyyahTahun Terbit Masehi/Hijriah1997 M/1418 H
PenerbitDar Al-Ma’rifa - MarokoFan/KategoriFatwa Permasalahan Dosa
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Abu Abdillah Syamsuddin Muhammad ibnu Abi Bakr Ibnu Ayyub Ibnu Haris Ibnu Makki Zainuddin az-Zur’i ad-Damasyqi, atau yang lebih dikenal Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyyah, (lahir tanggal 7 Shafar 691 H-wafat pada malam kamis pada tanggal 13 Rajab 751 H (Katsir, IV: 202).).

Kitab ini menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan penyakit maksiat itu sendiri terbagi menjadi tiga definisi:

Pertama, dalam kitab beliau halaman 48 beliau menjelaskan sejatinya penyakit maksiat ialah suatu penyakit yang jika berkesinambungan akan dapat menghancurkan kehidupan dunia dan akhirat seorang hamba. Menurut beliau penyakit maksiat menimbulkan Mudharat (Kerugian). tidak mungkin tidak, mudharatnya bagi Hati sebagaimana Mudharat yang ditimbulkan racun bagi tubuh, hal itu memiliki tingkatan yang beragam. Dan hal ini sudah jelas, adakah kehinaan dan penyakit didunia dan diakhirat yang tidak disebabkan dosa dan penyakit maksiat?

Kedua, Pada halaman 62 beliau menjelaskan bahwa pengertian dari penyakit maksiat menurut Ibnu al-Qayyim al-Jauziyah ialah setiap perbuatan yang buruk, keluar dari norma serta dapat membahayakan hati dan badan baik itu didunia maupun diakhirat. Maka bagi seorang hamba yang terserang penyakit maksiat ia senantiasa keluar dari jalan Allah SWT, menjauhi dan sibuk dengan perkara-perkara dosa. Maka sungguh akan sirna kehidupan hakikinya ( Ibadah kepada Allah SWT ) dan pelakunya akan merasakan akibat dari penyakit maksiat yang ia derita pada hari dimana ia menyesal dan berkata:
 “Alangkah baiknya sekiranya dahulu (ketika aku didunia) aku mengerjakan (kebajikan) untuk hidupku ini.” (Depag, 2015: 594).

Ketiga, pada halaman 65 pengertian penyakit maksiat menurut Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyah ialah suatu perbuatan durhaka yang menanamkan perbuatan kedurhakaan dan keburukan yang lainya. Sampai-sampai pengidap penyakit tersebut akan sulit untuk meninggalkan dan keluar dari penyakit tersebut.

 

Terapi penyakit maksiat menurut Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyah, dilihat dari dampak yang ditimbulkan oleh penyakit maksiat ada lima yaitu:

Pertama, Penyakit maksiat merusak Agama maka terapi yang digunakan adalah irsyad (Bimbingan dan konseling), tabyin (Penjelasan lebih menyeluruh), tanbih (Peringatan dan ancaman) dan hukum syari’ah atas Jarimah yang diperbuat.

Kedua, Penyakit maksiat merusak Jiwa maka terapi yang digunakan adalah At-tabyin (Penjelasan) dan At-tahdid (Ancaman), Amr bi At-Taqwa wa Nahyu an Al-Ma’syiyah (Menganjurkan kepada ketakwaan dan melarang dari perbuatan maksiat), Al-birru (Kebaikan) dan At-tha’atu (Ketaatan).

Ketiga, Penyakit maksiat merusak akal maka terapi yang digunakan adalah dengan Mauidzah tentang Al-Qur’an, al-Iman (Keimanan), Al-Maut (Kematian), an-Nar (Neraka) dan juga perkara yang membuat kerusakan dunia dan akhirat, memberikan perumpamaan-perumpamaan, menganjurkannya untuk berteman dengan orang shalih dan alim sehingga akan lebih memahami kebenaran dan kebaikan darinya.

Keempat, Penyakit maksiat merusak keturunan maka terapi yang digunakan adalah prilaku ketaatan dan metode Do’a. Kelima, Penyakit maksiat merusak harta dan kehormatan maka terapi yang digunakan adalah dakwah kepada ketakwaan dan meninggalkan kemaksiatan, kedzaliman dan kerusakan, dijelaskan juga Al-A’qibah (Akibat) dan Al-Ta’lil (alasan disyariatkan hukum), dan terapi Dzikir.

Terimakasih telah membaca Kitab Ad-Da’u wa Ad-Dawaa’u, di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. 
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB

 

 

   

 

       
   

 

   

 

       

 

JUDUL                  

:

 

 

Kitab Ad-Da’u wa Ad-Dawaa’u (PDF)

 

PENULIS              

:

 

 

Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyyah

 

 

PENERJEMAH   

:

 

 

-

     

 

PENERBIT           

:

 

 

Dar Al-Ma’rifa - Maroko

   

 

TAHUN                

:

 

1997 M / 1418 H

 

       

 

TEBAL                  

:

 

 

678 Halaman (PDF)

       

 

                               

 

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!