Pesantren Darussalam Trenggalek

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Darussalam Trenggalek

Profil
|Kyai Badruddin merupakan cikal bakal pendiri ponpes Darussalam. Kyai Badruddin dilahirkan pada tahun 1880. Pada saat itu Trenggalek sedang dipimpin oleh Bupati Mangundiredjo yang menjabat sebagai Bupati ke empat, sejak tahun1850-1894. Sejak kecil Kyai Badruddin dikenal sebagai pribadi yang memiliki kejujuran, serta tegas dalam mengambil keputusan. Sejak berumur delapan tahun beliau telah pergi dari rumah untuk mencari ilmu pengetahuan tentang agama Islam.

Pada tahun 1888 beliau menuntut ilmu di Pondok Mojosari Nganjuk yang
merupakan salah satu pondok tertua di Kabupaten Nganjuk. Pondok ini didirikan pada tahun 1720. Beliau belajar di Pondok Mojosari kurang lebih selama 18tahun. Banyak hal yang diperoleh selama beliau belajar di Pondok Mojosari,mulai dari ilmu tentang fiqih, sampai ilmu tentang tarekat. Ilmu yang telah diperolehnya, beliau aplikasikan untuk meneruskan perjuangan ayahnya untuk menyiarkan agama Islam di Desa Sumbergayam.

Beliau menjadi pimpinan
 pondok jajar (nama sebelum berubah menjadi Darussalam) sejak tahun 1910. Pada tahun ini, santri-santri yang belajar di pondok jajar masih sedikit, hal ini karena masih adanya pengaruh Belanda di Nusantara. Belanda melakukan pengawasan secara serius terhadap lembaga-lembaga pendidikan yang ada di Nusantara, baik formal maupun non formal. Pondok Jajar (cikal bakal pesantren Darussalam) untuk model pembelajaran sendiri masih menerapkan sorogan dan bandongan Seiring dengan perkembangan zaman, pondok jajar juga mengalami perkembangan dari segi pendidikannya. Jika sebelumnya hanya pondok maka berkembang menjadi 3 jenjang yaitu Ibtida’iyah, Tsanwiyah dan Aliyah.

Pondok ini terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Pada tahun 2012 Kyai Mohammad Yunus meninggal dunia karena sakit dan kepemimipinan diberikan kepada putranya yang terakhir bernama Agus AfifudinYunus.

Pendidikan
MI, MTs, MA, dan Madrasah Diniyah

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
Pengajian Kitab Kuning, Sorogan Al-Quran, Tahaffudz Al-Quran, Jamiyatul Quro', Bahtsul Masail, Jam'iyah Diniyah, Seni Sholawat Al-Banjari, Diklat Ubudiyah, Kaligrafi, Bina Karya, Paket B, Paket C, Pengajian Rutin Malam Ahad (Masyarakat Umum), Kuliah Subuh (Alumni dan Masyarakat Umum), dll.

Alamat
RT 30 RW 08 Cangkring Sumberingin Karangan, 66361, Kab. Trenggalek, Jawa Timur

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

 

 


 

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.