Pesantren Al Madani Semarang

 
Pesantren Al Madani Semarang

Profil

Pondok pesantren Al Madani didirikan pada tahun 2007 oleh seorang ulama di Semarang, Kiai H.M. Tauhid dan istrinya, Hj. Mufrida Murningsih. Pondok Pesantren Al-Madani berdiri di bawah asuhan KH. M. Tauhid Al-Mursyid, seorang figur yang sederhana, low profile, dan juga ramah. Beliau lahir dari keluarga petani sederhana, yaitu keluarga Darun Dasuki, dilahirkan 58 tahun yang silam, tepatnya tanggal 13 Juni 1959 dikawasan pegunungan Desa Pruwatan, Bumiayu, Brebes.

Sebagai sebuah lembaga pendidikan bercirikan thariqoh pondok pesantren Al-Madani memang terbilang masih muda. Tepatnya Pesantren ini berdiri tanggal 3 Mei 2008. Pondok Al-Madani diharapkan dapat menjadi tempat bagi setiap orang untuk bertaqarub dan mencari jalan yang diridhai Allah Swt, baik dalam ubudiyah maupun di luar ubudiyah, dalam segala gerak-gerik manusia diharuskan mengikuti atau mentaati perintah Tuhan dan menjauhi atau meninggalkan larangan-Nya. Dengan Allah sebagai tujuan utama, pondok pesantren A-Madani mencoba mencetak santri yang berakhlakul karimah, pesantren yang tidak hanya bercirikan thariqoh tetapi juga mengembangkan potensi manusia baik yang berbentuk jasmani maupun rohani sehingga pada akhirnya menjadi santri yang memiliki akhlak mulia dan dapat menanggulangi krisis spiritual pada dirinya dan umumnya pada masyarakat.

Pondok Pesantren Al-Madani mempunyai konsep yang sederhana. Terbukti bangunan pesantren baik kediaman pengasuh, asrama santri, ruang tamu yang ala kadarnya. Hal ini menunjukkan bahwa pesantren ini di desain sesedarhana mungkin mengingat ajaran-ajaran yang ada di dalamnya umumnya bercirikan tasawuf. Dengan demikian, pondok pesantren Al-Madani lebih menekankan aktivitasnya pada aspek esoteris.

Di samping menekankan pada aspek esoteris, Ponpes Al-Madani juga dirancang sarat dengan aktivitas pendidikan atau aspek eksoteris. Dalam pesantren ini terdapat pendidikan SMP IT Al-Madani (awalnya bernama SMP Nudia) berdiri pada tahun 2008. Pada awalnya jumlah siswa yang belajar di SMP hanya beberapa murid saja. Untuk melayani kebutuhan pendidikan yang tinggi lagi maka pada tahun 2009 didirikanlah Madrasah Aliyah dengan nama MA Nudia setara dengan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang di dalamnya terdapat berbagai macam pendidikan seperti pendidikan teknologi, perekonomian, seni budaya dan lain sebagainya yang mengarah pada pendidikan umumnya.

Pada awal berdirinya MA Nudia ini hampir sama saat pembukaan SMP. Alhamdulilah seiring dengan berjalannya waktu, makin banyak orangtua yang mempercayakan pendidikan putra putrinya di SMP maupun MA yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Batam, Kalimantan, Bogor, Tegal, Pekalongan, Pemalang dan kota-kota lain di Jawa Tengah. SMP IT Al-Madani dan MA Nudia merupakan sekolah yang berasrama (Boarding School) dengan pondok pesantren yang diasuh oleh KH.M. Tauhid, Al-Mursyid.

Pendiri
KH. M. Tauhid Al-Mursyid

Pengasuh
KH. M. Tauhid Al-Mursyid

Pendidikan

Pendidikan Formal:
1. SMP IT Nudia
2. Madrasah Aliyah Nudia

Pendidikan Informal:
1. Madrasah Diniyah
2. Tahfidzul Alqur'an

Ekstrakurikuler

1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Muhadasah (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. Muhadarah
5. Ziarah
6. Barjanzi
7. Ziarah
8. Kaligrafi
9. Pramuka
10. Paskibra
11. Senam, Sepakbola, Voli, Basket, Tenis Meja, Bulutangkis, Pencak silat
12. Rebana



Muthola'ah kitab kuning di pesantren Al Madani


Pelatihan komputer di pesantren Al Madani

Fasilitas

1. Masjid
2. Gedung asrama santri
3. Kantor
4. Asrama pengasuh
5. Dapur
6. Gedung sekolah: SMP IT NUDIA
7. Gedung Madrasah: MA NUDIA
8. Lapangan
9. Koperasi santri
10. Perpustakaan
11. Laboratorium Komputer
12. Laboratorium Bahasa
13. Laboratorium IPA
14. Gudang
15. Kantin
16. Klinik Pesantren
17.  Sanitasi/MCK


Masjid di pesantren Al Madani


Gedung sekolah di pesantren Al Madani

Alamat

Jl. Terwidi, Sumurjagung, Ds. Plalangan, Kec. Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah
Kode Pos: 50225
Telepon: (024) 76510717

 

          

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

  

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.