Luncurkan T-perpus, Telkomsel Ingin minat baca masyarakat Indonesia nomer dua tertinggi di dunia

 
Luncurkan T-perpus, Telkomsel Ingin minat baca masyarakat Indonesia nomer dua tertinggi di dunia


LADUNI.ID, Jakarta - Indonesia merupakan negara dengan minat baca terendah kedua di Asia Tenggara. Fakta tersebut membuat masyafrakat Indonesia sulit bersaing secara global. Oleh karena itu, Telkom Smart Office, meluncurkan T-perpus untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia menjadi nomer dua tertinggi di dunia.

"Kami yakin negara yg maju adalah negara yg rakyatnya rajin membaca buku dan bacaan yg baik," kata Chief Opearting Officer Gramedia Digital Nusantara, Adi Ekatama dalam peluncuran T-Perpus di Telkom Smart Office, Jakarta, Senin (20/8/2018).

Untuk meningkatkan minat baca masyarakat, Menurut Adi, ada tantangan yang harus dihadapi. Diantaranya tantangan yang harus dihadapi adalah kecilnya persebaran perpustakaan di daerah terpencil dan mahalnya harga buku.

Untuk itu, Telkomsel bekerjasama dengan Gramedia Digital Nusantara (GDN) menghadirkan aplikasi perpustakaan digital yang disebut T-PERPUS. T-PERPUS mengandalkan luasnya jaringan Telkomsel dan banyaknya konten buku dan bacaan yang dirilis oleh kelompok Gramedia.

"Telkomsel memiliki kekuatan network yang luas. Gramedia memiliki konten yang sangat banyak. Jadi ini harus disinergikan" kata Director of Human Capital Management Telkomsel, Irfan Tachrir dalam kesempatan yang sama.

Irfan menambahkan bahwa biaya tidak akan lagi menjadi masalah bagi masyarakat yang ingin mencari buku dan bacaan yang lebih banyak.
"Boleh dibilang ini low cost library. Karena hanya dengan bermodalkan smartphone sudah bisa akses," jelasnya.

Aplikasi ini menyediakan berbagi macam bacaan seperti buku, majalah, dan koran. Sudah tersedia lebih dari 5.000 konten bacaan dan 69 pilihan kategori. Untuk tahap awal, Telkomsel akan memberikan 5.000 akses user gratis yang akan disebar di seluruh wilayah Indonesia. Untuk selanjutnya, pengguna hanya perlu membayar biaya anggota sebesar Rp 5.000 yang berlaku seumur hidup. Aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna Telkomsel dan bisa diunduh melalui Google Play Store dan App Store.