Prinsip-Prinsip Public Relations

 
Prinsip-Prinsip Public Relations

 

LADUNI.ID, KOLOM- Mengarungi kehidupan sehar-hari, kita telah mengetahui betapa pentingnya kedudukan Public Relations bagi organisasi dan bagi reputasi organisasi. Dan sendi kehidupan lainya yang berkaitan dengan interaksi antar sesame.

Perubahan politik, sosial dan teknologi dalam masyarakat luas, ditambah dengan munculnya ekonomi global, telah semakin mengukuhkan perlunya program – program Public Relations diterapkan melalui strategi yang teratur pada setiap tingkatan usaha.Terdapat 6 (Enam) prinsip dasar dalam public relations (PR), pertama, buktikan dengan tindakan. 90% persepsi publik terhadap organisasi ditentukan oleh perbuatan dan 10% lainnya oleh pembicaraan.

Kedua, Sampaikan kebenaran, biarkan publik tahu apa yang sebenarnya sedang terjadi serta berikanlah gambaran yang akurat  tentang karakter, idealisme, dan praktik perusahaan.

Ketiga, dengarkan pelanggan. Agar perusahaan berjalan dengan baik pahamilah apa kebutuhan dan keinginan publik. Pastikan para pembuat keputusan dan pekerja lainnya di perusahaan tahu tentang produk.

Keempat, Persiapkan untuk hari esok. Buatlah antisipasi PR dan hapuslah kegiatan yang membuat sulit, ciptakan itikad baik. Kelima, Berlakukan PR seakan semua bagian perusahaan bergantung padanya. Hubungan korporasi merupakan fungsi manajemen. Tidak ada satupun perusahaan yang dilakukan tanpa mempertimbangkan pengaruhnya pada publik.

Keenam, Bersikap tenang, sabar, dan memiliki rasa humor. Buatlah bingkai dasar kerja PR bagai sebuah mukjizat dengan sikap konsisten, tenang, serta perhatian pada informasi dan kontak.

Beranjak dari itu sangat penting prinsip public relations ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi Penggiat Literasi Asal Aceh

Referensi: Rosady Ruslan, Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi, Jakarta, 2003 dan lainnya.