PCNU Jombang Adakan Rutinan Pembacaan Manakib Sebulan Sekali

 
PCNU Jombang Adakan Rutinan Pembacaan Manakib Sebulan Sekali

LADUNI.ID, Jombang - Setiap sebulan sekali Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang, Jawa Timur menyelenggarakan pembacaan manakib di kediaman masing-masing pengurus secara bergantian.

Pada hari Jumat (5/10) tepat di putaran ketujuh, acara manakib berlangsung di kediaman H. Muhyidin Zainal Arifin Tambak beras yang juga Wakil Bendahara PCNU Jombang. Beberapa perwakilan PCNU, perwakilan pengurus lembaga dan Badan Otonom NU tampak hadir juga di lokasi.

Wakil Ketua PCNU Jombang Amirul Arifin yang memimpin pembacaan manakib berharap kegiatan ini berjalan dengan istiqamah ke depan. "Semoga diberikan keistiqamahan dalam menjalankan acara manakiban ini," ujar Amirul Arifin.

Sebelum rutinan dimulai, sejumlah bacaan manakib diberikan kepada masing-masing pengurus NU, lembaga dan Banom NU yang hadir kala itu, selanjutnya dibaca dengan seksama hingga rampung.

Seperti biasa setelah rutinan selesai, Amirul Arifin mengumumkan pertemuan selanjutnya yakni bulan November pembacaan manakib akan berlangsung di kediaman K.H. Zaki Hadziq (Gus Zaki) Tebuireng Jombang. "Para jamaah, bulan depan kita pindah ke kediaman Gus Zaki," ucapnya.

Sesuai jadwal yang sudah disusun, empat pertemuan selanjutnya sudah teragendakan, setelah di Tebuireng, kemudian manakiban akan digelar di kediaman Wakil Ketua PCNU Jombang K.H. Munif Husnan Nglundo pada bulan Desember.

"Di bulan Januari 2019 di rumah K.H. Azam Khoiruman Nadjib (Gus Heru) Tambakberas kemudian pada Februari di rumah Faqih Gudo (Pergunu).

Setelah acara manakiban putaran ke-7 rampung, jajaran PCNU menyosialisasikan terkait pendataan warga NU di tiap-tiap desa hingga dusun. Data ini sangat penting untuk mengongkretkan gerakan-gerakan NU untuk warga dan lembaganya.

"Data ini penting sekali, misal lembaga takmir atau lembaga dakwah saat hendak melakukan gerakannya sangat memerlukan data ini," ujar Ketua PCNU Jombang K.H. Salmanudin Yazid