Pesantren Nurul Khairat Jadi Juara Baru Liga Santri 2018

 
Pesantren Nurul Khairat  Jadi Juara Baru Liga Santri 2018

LADUNI.ID, Solo -  Tim Sepak Bola Pesantren Nurul Khairat asal Balikpapan Kalimantan Timur berhasil membawa pulang trofi Juara 1 Liga Santri Nusantara (LSN) 2018, pada partai final, tim yang mewakili Kalimantan I menaklukan utusan dari Jawa Barat I.

Hasil tersebut didapatkan tim asuhan pelatih Budiono setelah berhasil menekuk Tim asal region Jabar 1 Nurul Fajri Majalengka, dalam pertandingan yang digelar di Stadion Sriwedari Solo, Ahad (7/10) dengan skor 2-1.

Kedua tim memiliki banyak peluang, namun hingga hampir turun minum skor masih imbang 0-0. Petaka terjadi di waktu jelang berakhirnya babak pertama. Pelanggaran yang dilakukan pemain Nurul Fajri yang mengenakan kaos putih terhadap pemain Nurul Khairat di kotak penalti, membuat wasit menunjuk titik putih.

Suwandi yang menjadi eksekutor penalti, tanpa kesulitan berhasil menceploskan bola ke gawang lawan. 1-0 untuk keunggulan Nurul Khairat.

Di babak kedua, jual beli serangan kembali terjadi. Melalui sebuah skema serangan, pada menit ke-55, tendangan Rizky tak dapat dibendung kiper Sechansyah. 2-0 untuk keunggulan Nurul Khairat.

Kubu Nurul Fajri langsung merespon gol kedua ini. Tendangan jarak jauh Tri Sukma pada menit ke-63, mampu memperkecil ketertinggalan. Namun, hingga peluit akhir dibunyikan wasit, skor tak berubah.

Nurul Khairat juara! kemenangan yang diraih Nurul Khairat ini menjadi yang pertama bagi pesantren di luar Jawa. “Hasil yang membanggakan, selamat untuk Nurul Khairat dari Balikpapan Kalimantan Timur,” kata Gus Rozin, ketua umum LSN 2018 usai menyerahkan tropi pada juara.

Penyerahan tropi dan hadiah langsung diserahkan saat itu oleh Gus Rozin didampingi Wagub Jateng Taj Yasin dan beberapa tokoh lainnya. Selain tropi, Tim Nurul Khairat mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 150 juta.

Keberhasilan Ponpes Nurul Khairat dalam menyabet gelar memunculkan juara baru di Liga Santri Nusantara 2018.
Pada edisi sebelumnya, PP Darul Huda Ponorogo yang mewakili Jawa Timur keluar sebagai juara Liga Santri 2017.