Peringati Hari Santri, PWNU Jatim Gelar Kirab Santri dan Istighotsah Kubra 

 
Peringati Hari Santri, PWNU Jatim Gelar Kirab Santri dan Istighotsah Kubra 

LADUNI.ID,SURABAYA - Dalam rangka Menyambut Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 22 Oktober 2018, Pengurus Wilayah Nahdhatul Ulama (PW NU) Jawa Timur akan mengadakan Istighotsah Kubra untuk Keselamatan Bangsa dengan tema besar “Dedikasi Santri Untuk Negeri”.

Ketua Panitia Pelaksana Peringatan HSN 2018,Gus Reza Ahmad Zahid mengatakan bahwa acara ini akan diikuti satu Juta orang yang berasal dari kalangan Santri dan Masyarakat Umum. Menurut Gus Reza sebelum pelaksanaan istighotsah Kubro acara ini akan diawali dengan acara Kirab Santri dan Jalan Sehat Sahabat Santri. Menurut Gus Reza acara kirab tersebut akan dipimpin langsung Presiden Joko Widodo dari garis start di Alun Alun Sidoarjo dan berakhir di parkir timur GOR Delta Sidoarjo, Jawa Timur.

“Insya Allah Acara ini akan dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Beliaulah yang menetapkan Hari Santri Nasional (HSN), dan akan memimpin langsung pada Acara Kirab Santri dan Jalan Sehat Sahabat Santri yang dimulai dari alun alun Sidoarjo pada pukul 05:30 WIB dan akan berakhir di Parkir Timur GOR Delta Sidoarjo, setelah itu dilanjutkan dengan acara Istighotsah di GOR Deltras Sidoarjo” Kata Gus Reza, Minggu (11/10/2018).

Lebih lanjut Gus Reza menjelaskan acara jalan sehat santri sahabat rakyat ini akan menyediakan hadiah berupa doorprize dan Bisaroh. Awalnya kegiatan ini menyediakan 1 mobil Avanza, 19 Umroh, 10 Motor dan 1000 Sepeda untuk para peserta Kirab dan Jalan Sehat. Tetapi terjadi perubahan menjadi berupa 1 mobil Avanza, 10 paket Umroh, 10 Motor, 150 unit Sepeda.

Sisa hadiah akan dikelola oleh PWNU Jatim dan rencananya akan disampaikan kepada saudara-saudara kita yang terkena musibah baik itu di Palu-Donggala ataupun yang lainnya dan untuk kemaslahatan umat.

"Perubahan ini terjadi karena sebahagian hadiah akan kami rupakan dana untuk membantu saudara-saudara kita yang saat ini terkena musibah dan untuk kemaslahan umat, jadi untuk hadiah kirab santri yang berupa jalan sehat, kami menyediakan 1 Mobil Avanza, 10 Umroh, 10 Motor, 150 Sepeda,’’ Ungkap Gus Reza.

Gus Reza menambahkan bahwa untuk jalan sehat, panitia akan menyiapkan kupon Door Prize dan bisa didapatkan di kantor Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PC NU) Kabupaten Sidoarjo mulai hari Senin sore Tanggal 15/10/2018.