Peringati Hari Santri, Kemenag Gelar Pesantren Business Challenge

 
Peringati Hari Santri, Kemenag Gelar Pesantren Business Challenge

LADUNI.ID,BANDUNG - Kemenag melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) dalam rangka menyemarakkan Hari Santri 2018, menyelenggarakan Pesantren Business Challenge 2018. Acara yang digelar di Bandung, dari tanggal 20  hingga 22 Oktober dibuka langsung Direktur PD Pontren Ahmad Zayadi. 

"Dari 160 proposal, dipilih 50 pesantren dengan potensi ekonomi dan pengembangan life skill yang cukup potensial. Dari 50 pesantren diseleksi menjadi 12 pesantren yang kemudian mempresentasikan program-program ekonomi unggulnya masing-masing," terang Ahmad Zayadi di Bandung, Senin (22/10).

Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin usai memberikan penghargaan kepada pesantren terbaik, berpesan agar pesantren terus mengembangkan potensi ekonominya agar lebih mandiri. 

"Sudah saatnya pesantren tidak bergantung kepada pemerintah. Justru pesantren adalah aktor terbaik dalam penguatan ekonomi umat," ujarnya.

Kasubdit Pendidikan Pesantren Basnang Said menyebutkan bahwa 50 pesantren terpilih akan mendapatkan bantuan pembinaan dari Kementerian Agama. Pesantren yang terpilih sebagai juara pertama dalam Pesantren Ekonomi Challenge 2018 adalah Pesantren Al Amin Dumai, Riau. Sementara juara kedua adalah Pesantren As'adiyah Sengkang Sulsel. Sedangkan juara ketiga diraih oleh Pesantren Fathul Ulum Jombang, Jatim. 

"Juara 1 dan 2 sebelumnya telah menjadi binaan Bank Indonesia dalam ajang "Ekonomi Unggul Bank Indonesia 2017"," tandasnya.