Muhammad Ridwan Meuraksa #2: Putra Ulama Aceh Ini Diabadikan Rumah Sakit Terkenal di Jakarta

 
Muhammad Ridwan Meuraksa #2: Putra Ulama Aceh Ini Diabadikan Rumah Sakit Terkenal di Jakarta

LADUNI.ID,TOKOH- Jasa sangat besar dalam mengusir penjajahan dan akhirnya gugur dalam sebuah pertempuran. Mengingat jasa putra ulama kharismatik Aceh itu.

Akhirnya di tabalkan menjadi sebuah Rumah sakit terkenal di Jakarta dengan nama Rumah Sakit Muhammad Ridwan Meuraksa (RSMRM) ini merupakan Rumah Sakit Kesdam Jaya. 

Nama Moh. Ridwan Meuraksa diambil dari nama putra ulama Aceh itu yang juga salah seorang perwira kesehatan  Tentara dari Resimen VI Brigade Kian Santang / Siliwangi 21. Terletak di Jl. Kramat Raya No. 174 Jakarta Pusat.

Rumah Sakit ini didirikan pada tanggal 25 Mei 1972 dan Disahkan nama Moh. Ridwan Meuraksa sebagai nama Rumkit pada 26 Oktober 1974. 

Sampai saat ini status tanah yang diatasnya berdiri Rumah Sakit Tk.II Moh. Ridwan Meuraksa adalah milik PT. Kerta Niaga dan Yayasan Mahrie Wahid dengan Luas Tanah 15.936 m2 dan Luas Bangunan 5.196 m2. 

Rumah sakit ini direncanakan akan dipindahkan ke Jakarta Timur di daerah Pinang Ranti. Kini Rumah Sakit tersebut telah di resmikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono.

Sosok berbintang empat itu meresmikan Rumah Sakit (RS) TK.II.MOH Ridwan Meuraksa Meuraksa Kesdam Jaya /Jayakarta berlokasi di jalan Taman Mini I, Pinang Ranti,Makasar,Jakarta Timur pada pertengahan tahun 2017 yang telah lalu tepatnya tanggal 26 Juli 2017.

Almarhum Mohammad Ridwan Meuraksa berasal asal Aceh itu yang merupakan anak dari Teungku Abdussalam Meuraksa sebagai ulama terkenal di Aceh dan menjadi anggota DPRD yang pertama di daerah itu.

 Ibunya bernama Sjamsiah binti Teungku Syech Ibrahim Lambhu. Almarhum Mohammad Ridwan Meuraksa dilahirkan pada tanggal 25 Maret 1922. Almarhum merupakan seorang anak baik, sabar dan suka bernyanyi dengan suaranya yang merdu. 

**Helmi Abu Bakar El-Langkawi Penggiat Literasi Asal dayah MUDI Samalanga