Asnuter dan LDNU Jombang Terbitkan Buku Aswaja untuk Perkuat Ideologi

 
Asnuter dan LDNU Jombang Terbitkan Buku Aswaja untuk Perkuat Ideologi

LADUNI.ID, Jombang – Bersama dengan Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Jombang, Jawa Timur, Aswaja NU Center (Asnuter) menerbitkan buku Dasar Amaliyah Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) an-Nahdliyah.

Menurut Ketua Pengurus Cabang (PC) LDNU Jombang Aang Fatihul Islam, buku tersebut sudah siap diedarkan kepada masyarakat, juga takmir mushalla dan masjid di Jombang. "Buku sudah selesai cetak dan sudah siap beredar di masjid, mushalla juga masyarakat yang berada di Jombang," katanya, Sabtu (17/11).

Selain itu, ia menjelaskan keberadaan buku tersebut merupakan wujud dari ikhtiar pengurus NU untuk meyakinkan nahdliyin khususnya bahwa tidak ada yang perlu diragukan atas amaliyah keseharian NU.

"Karena semua amaliyah diniyah NU merupakan amaliyah keseharian mayoritas masyarakat Indonesia, bahkan masyarakat muslim dunia menganut paham Aswaja," jelasnya.

Kendati demikian, menurutnya, belakangan ini sebagian kecil warga NU merasa terusik oleh penafsiran dangkal pendakwah atau ustadz yang mengatasnamakan pemurnian ajaran Islam. Oleh mereka amaliyah keseharian NU dianggap bid'ah dholalah.

"Maka untuk lebih memahami amaliyah-amaliyah keseharian NU, kami berikhtiar menyusun buku yang memuat penjelasan tentang apa dan mengapa amaliyah itu dilakukan, dan dilengkapi dalil-dalil yang shahih dan akurat," imbuhnya.

Melalui buku itu, ia berharap dapat membantu kader NU juga takmir masjid NU agar tetap istiqamah mengamalkan, melestarikan serta meningkatkan amaliyah Aswaja an-Nahdliyah.