Kembang Tanjung Sosok Negeri Jaringan Ulama Aceh

 
Kembang Tanjung Sosok Negeri Jaringan Ulama Aceh

LADUNI. ID,  KOLOM@-Banjir kiriman yang setiap tahunnya melanda Kembang Tanjung, Pidie dan sekita4Kita sangat berharap pemerintah harus serius secara serius penangangan untuk mencegah "sang tamu" yang ganas dan bisa menyebabkan kerugian material bahkan nyawapun btamuisa melayang.

Aliran Krueng Tiro sejak dari Tiro hingga Kembang Tanjung itu walaupun telah ditangani namun belum sepenuhnya bisa mencegah "sang tamu" dari Tiro itu. 

Memang sejarah telah mencatat Tiro dan Kembang Tanjung duo sejoli yang tidak dapat dipisahkan, sejak dari dulu hingga perjuangan Hasan Tiro juga bermula dari Kembang Tanjung saat perdana pulang dari luar negeri memproklamirkan Aceh Merdeka.  

 Begitu juga aliran sungai yang sangat bermanfaat untuk masyarakat dalam kehidupan termasuk untuk pertanian bahkan kandungan beras aliran Tiro itu yang asal Kembang Tanjung mempunyai nilai jual yang tinggi dan ini telah terjadi sejak dari dulu. 

± Kembang Tanjung muara  lintas ilmu, Syekh H. Hanafiah Abbas Samalanga atau Tgk. Abi Samalanga pimpinan dayah MUDI Samalanga juga pernah menuntut ilmu di Kembang Tanjung yang nyawapunmerupakan jaringan ulama Al-Aziziyah Samalanga dibawah naungan dayah MUDI Samalanga yang telah melahirkan banyak ulama, tokoh dan cendekiawan lintas jenjang.

Kembang Tanjung juga tempat belajar ilmu agama (meudagang) di sebuah dayah oleh sosok Tgk. Muhammad Daud Beureueh ataupun akrab disapa Abu Beureueh.