Awas, Bahaya Narkoba

 
Awas, Bahaya Narkoba

LADUNI. ID, KOLOM- Dewasa ini, penggunaan narkotika sudah sangat marak di tengah-tengah masyarakat khususnya anak muda. 

Narkotika bukan merupakan barang baru, tapi sudah dikenal dan digunakan sejak zaman dahulu kala. Baik sebagai obat-obatan atau pelengkap dalam ritual pemujaan.

Di samping mempunyai manfaat untuk pengobatan, narkotika seperti ganja, opium, dan kokain juga berbahaya bagi tubuh manusia apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih.

Para ulama menyebutkan, Narkotika seperti ganja mempunyai 120 bahaya yang mengancam kehidupan dan agama. Seperti menyebabkan kelupaan, pusing, merusak akal, TBC, muntah, kusta dan banyak penyakit lain.

Begitu juga dapat menyebabkan terbuka rahasia, menimbulkan perbuatan keji, berkurang rasa malu, dan hilang kewibawaan.

Di antara bahaya yang paling dahsyat adalah dapat menyebabkan seseorang lupa mengucapkan syahadah ketika sakaratul maut. 

Padahal hal tersebut merupakan tujuan akhir dari seorang mukmin yang sangat mendambakan akhir dari kehidupannya dalam keadaan beriman kepada Allah SWT. 


Bahaya Narkoba Menurut Kesehatan

Narkoba dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk menjalani hidup sehat dan mengambil keputusan yang benar. Pengaruh obat-obatan tersebut dapat berlangsung dalam jangka panjang.

1. Perubahan sel saraf dalam otak
Konsumsi narkoba secara berulang dalam jangka panjang akan memicu perubahan pada sel saraf dalam otak, yang kemudian mengganggu komunikasi antar sel saraf. Bahkan setelah konsumsi dihentikan, efek tersebut akan memakan waktu yang tidak sebentar, untuk dapat benar-benar hilang.

2.Dehidrasi
Bahaya narkoba jenis ekstasi, efeknya dapat menyebabkan dehidrasi, serta ketidakseimbangan elektrolit. 

Hal ini kemudian yang menyebabkan penggunanya mengalami kejang-kejang, serangan panik, halusinasi, sakit pada dada dan perilaku agresif. Jika digunakan dalam jangka panjang dapat merusak otak.

3. Bingung dan hilang ingatan
Golongan obat-obatan asam gamma-hidroksibutirat dan rohypnol dapat mengakibatkan efek sedatif, kebingungan, kehilangan ingatan, perubahan perilaku, koordinasi tubuh terganggu dan menurunnya tingkat kesadaran.

4. Halusinasi
Penggunaan mariyuana atau ganja dapat menyebabkan efek samping halusinasi, muntah, peningkatan tekanan darah dan denyut nadi, gangguan kecemasan, kebingungan serta paranoia. Efek jangka panjang mariyuana adalah gangguan mental seperti depresi dan gangguan kecemasan.

5. Kejang hingga kematian
Bahaya narkoba berupa penyalahgunaanmetamfetamin atau lebih dikenal sebagai sabu-sabu, opium, dan kokain, dapat menyebabkan berbagai efek buruk, termasuk perilaku psikotik, kejang-kejang, dan bahkan kematian akibat overdosis.


Referensi : 

1. Hasyiah I’anatutthalibin Juz 4 Hal 156 Cet, haramain

(قوله: والحشيشة) أي وككثير الحشيشة.واعلم: أن العلماء قد ذكروا في مضار الحشيشة نحو مائة وعشرين مضرة دينية ودنيوية: منها أنها تورث النسيان والصداع وفساد العقل والسل والاستسقاء والجذام والبرص وسائر الامراض وإفشاء السر وإنشاء الشر وذهاب الحياء وعدم المروءة وغير ذلك، ومن أعظم قبائحها أنها تنسي الشهادة عند الموت، وجميع قبائحها موجود في الافيون والبنج ونحوهما
Sumber: LBM Mudi Mesra dan alodokter.com