Jokowi: Sabyan sebagai Qasidah dengan Gaya Milenial dan Fenomenal

 
Jokowi: Sabyan sebagai Qasidah dengan Gaya Milenial dan Fenomenal

LADUNI.ID,JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menutup Festival Bintang Vokalis Qasidah Tingkat Nasional Tahun 2018 Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LASQI), di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis (29/11) malam. Jokowi dalam sambutannya mengatakan melihat perkembangan qasidah, menunjukkan bahwa solawat dan khazanah Islam dapat berpadu dengan semangat zaman. Menurut Jokowi dengan Qasidah dan gambus khazanah Islam menjadi semakin menarik dan semakin indah

"Semakin dapat menjangkau lebih banyak orang dan lintas negara dengan menggunakan teknologi terbaru," kata Jokowi 

Oleh sebab itu, Presiden Jokowi sangat menghargai, sangat mengapresiasi dan bangga melihat semua peserta Bintang Vokalis Qasidah Tingkat Nasional ini. “Saudara-saudara sedang menyiarkan Islam, Saudara-saudara sedang menghadirkan rasa damai di hati umat yang mendengarkan, dan Saudara-saudara sedang membangkitkan optimisme dan perilaku positif bangsa dan Saudara-saudara terus membesarkan peradaban dan kebudayaan Islam,” ucap Jokowi.

Menurut Jokowi salah satu Grup Qosidh atau Gambus yang berhasil menjawab tantangan jaman milenial adalah Sabyan Gambus. Menurut Jokowi Sabyan muncul sebagai grup qasidah dengan gaya milenial dan fenomal. Menurut Jokowi Grup Sabyan yang dimotori anak-anak muda. 

Jokowi mentaksir jika umur Nisa Sabyan mungkin berusia 18 atau 19 tahun. Terakhir kali Jokowi melihat video Nisa Sabyan melalui Youtube, jumlah penontonnya mencapai 174 jut

“Sabyan muncul sebagai grup qasidah dengan gaya milenial dan fenomenal. Saya lihat kemarin di YouTube yang melihat videonya sudah hampir 174 juta, sudah hampir sebanyak jumlah penduduk Indonesia,” kata Presiden Jokowi.

Jokowi pun mengatakan, salah satu lagu Sabyan yang difavoritkan adalah lagu berjudul "Deen Assalam". Tiba-tiba, Jokowi pun mendendangkan sebait lagu tersebut. "Abtahiyyat wabsalam. Ansyuru ahlal kalam.." Sontak, peserta acara turut bernyanyi bersama Jokowi. "Sudah. Saya kira suaranya Ibu-Ibu di sini lebih bagus dan lebih pinter nyanyinya," kata Jokowi 

Presiden Jokowi di akhir sambutan sangat mengapresiasi LASQI (Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia) atas ketekunannya dalam mengembangkan seni qasidah ini, dan sudah 23 tahun, berturut-turut menyelenggarakan Festival Bintang Vokalis Qasidah Tingkat Nasional.

“Insyaallah tahun depan akan diadakan di Kota Ambon. Pemerintah akan mendukung terus dan saya akan mendukung terus. Saya sangat senang sekali, berbahagia sekali pada malam hari ini bisa hadir di tengah Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara sekalian,” pungkas Presiden Jokowi.