Dell Akui Situs Resminya Dibobol Hacker

 
Dell Akui Situs Resminya Dibobol Hacker

Jakarta - Perusahaan perangkat kompter besar di Amerika Serikat, Dell, mengumumkan servernya telah diretas pada Jum`at (9/11) lalu, pencuri berusaha mengambil informasi penting konsumen dari situ resmi mereka, Dell.com.

"Dell mendeteksi dan mengacaukan aktivitas tidak resmi di jaringan kami yang berusaha untuk mengekstrak informasi pelanggan Dell.com, informasi tersebut berupa nama, alamat email dan kata sandi, " terang Dell melalui keterangan resmi di situs mereka.

Informasi terbaru dari Dell menyatakan tidak menemukan bukti jika ada informasi konsumen yang dibagikan, termasuk informasi sensitif kartu kredit, dsb.

Dell mengaku sudah mengambil langkah pencegahan dalam menjaga sistem keamanan setelah mengetahui aktivitas illegal tersebut, dan akan segera melakukan penyelididkan.

Dell juga telah bekerjasama dengan perusahaan forensik digital untuk penyelidikan independen dan penegak hukum.

Pihaknya juga memberikan standar keamanan dan mengatur ulang kata sandi konsumen untuk melindungi pelanggan mereka.

"Tidak ada produk atau layanan Dell yang tedampak, " kata Dell.

Mereka menyarankan pengguna untuk mengganti kata sandi akun-akun lainnya, jika menggunakan kata sandi yang sama dengan akun mereka pada situs Dell.com. Dell mengingatkan untuk tidak menggunakan satu kata kunci untuk beragam akun.

Dell tidak menyatakan berapa banyak akun yang terdampak aksi peretasan ini, dengan alasan tidak ada informasi konsumen yang diekstrak.

"Pengungkapan ini terjadi secara sukarela dan tidak ada kesimpulan bahwa informasi akun pelanggan telah dibongkar, merupakan hal yang tidak bijaksana untuk mempublikasikan jumlah yang tidak diketahui kepastiannya, " kata Dell yang dilansir di laman Cnet.