Manfaat dan Pentingnya Buah Naga untuk Ibu Hamil

 
Manfaat dan Pentingnya Buah Naga untuk Ibu Hamil
LADUNI.ID,KESEHATAN- manfaat buah naga untuk ibu hamil tidak diragukan lagi. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah ini berfungsi untuk pertumbuhan janin. Faktanya, buah naga belum banyak diketahui oleh masyarakat umum. Mari mengenal lebih lanjut buah nagayang bermanfaat bagi ibu hamil.
 

Seorang perempuan tidak hanya bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan dirinya sendiri, namun juga harus menjaga kesehatan janinnya. 

Oleh karenanya, seseorang mengonsumsi banyak buah dan sayur sangat dianjurkan terutama wanita selama masa kehamilan. Salah satu buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi perempuan hamil ialah buah naga.

Buah naga mengandung berbagainutrisi,seperti vitamin C, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), karbohidrat, protein, antioksidan, serat, serta zat besi. Tidak mengherankan jika buah ini memilikikegunaan yang banyak untuk kesehatan, sebab buah naga ini kaya dengan kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.
  

Manfaat Buah Naga bagi Ibu Hamil

Banyak ibu hamil yang masih meragukan bahkan takut ketika mengonsumsi buah naga, sebenarnya, kandungan nutrisi dalam buahnaga ini paling bermanfaatuntuk ibu hamil dan janin dalam kandungannya. Berikut ialah manfaat buah naga bagi ibu hamil:
 
Sumber vitamin C
Mengonsumsi vitamin C sekitar masa kehamilan paling baik bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya. Vitamin C diperlukan oleh janin untuk melindungi dan menjagakesehatan sel, serta menyusun kolagen di dalam tulang, otot, kulit dan pembuluh darah. Vitamin ini pun membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Namun, Anda harus tetapmenjaga diri dalam mengonsumsi vitamin C. Kelebihan vitamin C sekitar kehamilan dapatmeningkatkan risiko kelahiran prematur.
 
Sumber karbohidrat
Wanita hamil dianjurkan mengonsumsi 9 sampai 11 porsi makanan yang berisi karbohidrat per hari. Karbohidrat bermanfaat sebagai sumber energi dan membantupertumbuhan janin. Anda dapat menemukansumber karbohidrat alami pada buah naga. Daging buah naga berisi* selama* 11 gram karbohidrat atau 62 kalori per dosis* saji. Untuk mengisi asupan karbohidrat, kita dapat mengupayakan makanan sumber karbohidrat ekstra dari nasi, roti gandum, sereal, dan sayuran.
 
Antioksidan
Mengonsumsi antioksidan ketika hamil berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, mengendalikan kadar kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, menangkal pertumbuhan sel kanker, dan menolong perkembangan janin. Buah nagamengandung sejumlah jenis antioksidan yaitu, betalain, hydroxycinnamates, dan flavonoid. Di samping buah naga, Anda juga bisamendapatkan antioksidan dari sayuran dan buah lain, misalnya apel, pir, anggur, brokoli, asparagus, dan tomat.
 
Sumber serat
Wanita hamil disarankan mengonsumsi 25 hingga 35 gram serat per hari. Serat berfungsi untuk menangkal terjadinya sembelit danmembantu tubuh mengeluarkan racun. Buah naga berisi 3 gram serat per 100 gram. Untukmencukupi tambahan serat, Anda bisa mengonsumsi makanan lain, yaitu sereal dan roti dari gandum utuh.
 
Kandungan zat besi
Penting bagi ibu hamil memenuhi keperluan zat besi. Zat besi mempunyai peranan pentinguntuk perkembangan janin. Di samping itu, konsumsi zat besi yang cukup dapat menambah sistem kekebalan tubuh dan menangkal anemia pada ibu hamil. Ibu hamil memerlukan paling tidak 27 mg zat besi per hari. Anda dapat mencukupi keperluan zat besi dengan mengonsumsi buah naga, buah ini menyuplai 10,6 persen keperluan zat besi harian. Kekurangan zat besi sekitar hamil dapat mengakibatkan bayi tercetus prematur dan berat badan bayi rendah.
 
Sumber nutrisi lain
Buah naga pun mengandung riboflavin yang berfungsi untuk menolong tubuh menghasilkan energi. Riboflavin diperlukan janin untuk menolong pertumbuhan tulang, otot, dan saraf bayi. Ibu hamil seringkali membutuhkan 1,4 mg riboflavin per hari. Di samping riboflavin, buah naga punmengandung tiamin yang diperlukan oleh janin. Tiamin dibutuhkan janin untukmembantu perkembangan otak. Kandungan nutrisi dalam buah naga bisa memabantu ibu hamil melewati masa kehamilan dengan sehat dan kuat.
 

Berbagai Alternatif dalam Mengonsumsi Buah Naga

 
Buah naga memiliki bentuk yang menarik dan mempunyai warna daging yang bervariasi. Ada sejumlah cara yang dapat Anda lakukanuntuk mengonsumsi buah naga, misalnyadimakan langsung atau diolah menjadi jus segar.
 
Di samping itu, Anda bisa pula mencoba pilihan penyajian lain, yaitu mencampurnya ke dalam yoghurt atau membuatnya menjadigabungan salad buah. Meski mempunyai kandungan gizi yang baik bagi ibu hamil, tetapi sejauh ini belum ada riset yang meyakinkan bermanfaatnya buah naga untuk ibu hamil. Karena itu, Ibu hamil disarankan memakan buah naga dengan jumlah yangcukup saja dan tidak terlampau berlebihan.
 
Sumber : LbmMudi