Biografi Syekh Sayyid bin Lasyin bin Abdul Farh

 
Biografi Syekh Sayyid bin Lasyin bin Abdul Farh
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi Biografi Sayyid bin Lasyin bin Abdul Farh

1.    Riwayat Hidup
1.1  Lahir
1.2  Wafat

2.    Pendidikan dan Sanad Keilmuan
2.1  Masa Menuntut Ilmu
2.2  Guru

3.    Teladan
3.1  Tawadhu dan Penghafal Al-Qur'an

4.    Karya

5.    Chart Silsilah Sanad

6.    Referensi

1. Riwayat Hidup

1.1 Lahir

Syekh Sayyid bin Lasyin bin Abul Farh lahir di desa Mayit Aqabah kecamatan Al-Ajuzah kota Al-Jiyza, Mesir tahun 1329 H.

1.2 Wafat

Syekh Sayyid bin Lasyin bin Abul Farh wafat pada hari Selasa tanggal 27 Safar tahun 1436 Hijriyah. Jenazahnya dishalatkan setelah shalat Shubuh, kemudian disemayamkan di pemakaman Baqi’ Al-Gharqad, Madinah.

2. Pendidikan dan Sanad Ilmu

2.1 Masa Menuntut Ilmu

Syekh Sayyid bin Lasyin bin Abul Farh adalah seorang ulama yang alim dan mulia. Beliau belajar dan menghafal Al-Qur’an di bawah asuhan ulama-ulama besar. Di antara gurunya adalah Syekh Khalil Ahmad, di bawah bimbingannya Syekh Sayyid menyelesaikan setoran hafalan Al-Qur’an 30 juz dengan Riwayat Hafsh ‘an ‘Ashim min Thariq Syathibiyyah. Kemudian beliau menyelesaikan setoran qiraat sab’ah min Thariq Syathibiyyah pada Syekh Muhammad ‘Atha Sulaiman.

Beliau juga menyetorakn hafalannya secara tuntas 30 Juz dengan Qashr Munfashil min Thariq Thayyibatun Nasyr kepada ulama ahli qiraat tersohor, yakni Syekh Abdur Rafi’ Ridhwan Asy-Syarqawi. Sebagaimana beliau juga bermulazamah cukup lama dan mengambil faidah yang banyak kepada ulama besar lain, seorang Allamah, Syekh Abdul Fattah Al-Qadhi.

2.2 Guru

  1. Syekh Khalil Ahmad,
  2. Syekh Muhammad ‘Atha Sulaiman,
  3. Syekh Abdur Rafi’ Ridhwan Asy-Syarqawi,
  4. Syekh Abdul Fattah Al-Qadhi.

3. Teladan

3.1 Tawadhu dan Penghafal Al-Qur’an

Syekh Sayyid bin Lasyin bin Abul Farh merupakan seorang guru yang mutqin dalam ilmunya, seorang muqri’ yang cerdas, seorang alim besar dan mulia. Beliau dikenal sangat tawadhu, tenang, dan berwibawa. Selain itu beliau juga sangat dikenal menjaga harga dirinya sebagai seorang penghafal Al-Qur’an dan muqri. Beliau tidak pernah menerima imbalan materi atau dunia dalam bentuk apa pun saat mengajarkan Al-Qur’an pada murid-muridnya. Hubungannya dengan dunia sangat menakjubkan. Beliau melakukan itu sebab khawatir akan fitnah dunia.

4. Karya

Taqrib Al-Ma’ani fi Syarhi Hirzi Al-Amani (ditulis bersama dengan ulama-ulama lain), Al-Fawaid Al-Hisan fi Fadhaili Al-Qur’an, Durus Muhimmah fi Syarhi Daqaiqi Al-Muhkamah fi Syarhi Al-Muqaddimah Al-Jazariyyah, dan kitab-kitab karangannya yang lain.

5. Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru Syekh Sayyid bin Lasyin bin Abul Farh dapat dilihat DI SINI.

6. Referensi

Dikumpulkan dari berbagai sumber

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya