Doa agar Segera Memperoleh Pekerjaan dan Jodoh

 
Doa agar Segera Memperoleh Pekerjaan dan Jodoh
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Allah SWT adalah Dzat Yang Maha Pemberi Rezeki. Setiap manusia pasti mendapatkan bagian rezekinya. Tetapi bukan berarti ketentuan itu lantas dijadikan legetimasi untuk tidak berbuat apapun atau tidak berusaha sama sekali.

Banyak sekali keterangan di dalam Al-Qur’an yang menunjukkan perintah untuk berusaha. Allah SWT telah memberikan petunjuk diperbolehkannya melakukan jual beli, menganjurkan bekerja dan banyak hal lain yang merupakan dalil bahwa rezeki itu ada pintunya.

Selain itu, Allah SWT juga memerintahkan agar setiap orang berdoa kepada-Nya. Meski secara lahir berusaha atau bekerja itu dapat mengantarkan orang memperoleh rezeki, tapi semua itu tidak lain adalah atas kehendak-Nya. Karena itu, usaha tidak bisa terlepas dari doa. Dan bahwa doa adalah senjata orang mukmin itu sendiri. Sebagaimana sabda Nabi,

 اَلدُّعَاءُ سِلَاحُ الْمُؤْمِنِ وَعِمَادُ الدِّيْنِ وَنُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ

“Doa itu adalah senjata orang beriman dan merupakan tiang agama serta cahaya langit dan bumi.” (HR. Hakim)

Dalam berbagai hal, setiap orang mukmin harus menyertainya dengan doa. Termasuk dalam pekerjaan dan soal jodoh. Sekalipun Allah SWT telah menentukan semua itu kepada setiap hamba-Nya, tapi Allah SWT juga memerintahkan kepada kita semua untuk berdoa kepada-Nya dan melarang berputus asa.

Di dalam Al-Qur’an banyak sekali ditemukan doa-doa yang dilafadhkan oleh para kekasih-Nya, Para Nabi. Salah satu doa yang ada di dalam Al-Quran adalah doa Nabi Musa AS. Dengan doa ini Nabi Musa memperoleh rezeki berupa pekerjaan dan jodoh.

Doa tersebut terdapat di dalam Al-Quran Surat Al-Qassas ayat 24.

...رَبِّ اِنِّيْ لِمَا اَنْزَلْتَ اِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيْرٌ

Artinya, “Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan (makanan) yang engkau turunkan kepadaku.” 

Banyak kiyai yang menyarankan agar senantiasa memanjatkan doa ini dalam berbagai kondisi, seperti ketika terdesak dan sangat membutuhkan agar terlaksananya hajat baik, termasuk juga dalam hal pekerjaan dan jodoh.

Semoga bermanfaat. []


Editor: Hakim