Ziarah di Makam KH. Hasan Asy’ari (Mbah Mangli), Waliyullah dari Mangli

 
Ziarah di Makam KH. Hasan Asy’ari (Mbah Mangli), Waliyullah dari Mangli
Sumber Gambar: Suasana komplek makam KH Hasan Asyari atau Mbah Mangli di Dusun Mangli di Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, (foto aris syaefudin/sigijateng)

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Mbah Mangli juga merupakan seorang mursyid Thariqah Qadiriyah wa Naqsabandiyah, statusnya sebagai mursyid membuat banyak umat Islam dari berbagai daerah berbondong-bondong meminta nasihatnya.

Sejak kecil, Mbah Mangli memiliki karakter yang berbeda dengan anak seusianya. Bagaimana tidak, bersama sang ayah beliau belajar dengan sangat disiplin dan sangat keras. Menghafal kitab Taqrib dan mempelajari tafsir Al-Qur’an baik makna maupun nasakh munsukh-nya adalah keseharian beliau.

Mbah Mangli adalah sosok dibalik berdirinya Pondok Pesantren Mangli, sebuah pondok pesantren salafiyah yang pada awal pendiriannya tidak memiliki nama resmi. Sehingga masyarakat sekitar menyebut pesantren tersebut sesuai dengan nama kampung tempat Mbah Mangli menyebarkan agama Islam, tepatnya di Kampung Mangli, desa Girirejo, kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN