Info Harian Laduni: 2 Oktober 2023

 
Info Harian Laduni: 2 Oktober 2023

Laduni.ID, Jakarta - Bertepatan dengan tanggal 02 Oktober ini menjadi momentum bagi kita semua untuk mengenang kepergian KH. Muhaiminan Gunardho dan Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid atau Habib Sholeh Tanggul.

KH. Muhaiminan Gunardho wafat pada tanggal 02 Oktober 2007 pada usia 74 Tahun. Sedangkan Habib Sholeh wafat di Tanggul ketika senja pada hari Sabtu, tanggal 8 Syawal 1396 Hijriyah bertepatan dengan tanggal 2 Oktober 1976 M. Beliau wafat setelah berwudhu dan sebelum sempat melaksanakan shalat Maghrib.

KH. Muhaiminan Gunardo merupakan seorang tokoh panutan yang sangat dikenal masyarakat luas. Selain itu, beliau juga banyak memberikan sumbangan spiritual bagi kehidupan masyarakat. Pada awalnya, sekitar tahun 1950, KH. Muhaiminan Gunardho mulai mengajar ngaji kitab kuning kepada pemuda-pemudi Parakan. Dan dengan ilmu kepesantrenan yang dimotivasi dengan ilmu bela diri, murid beliau semakin berkembang dan bertambah.

Selama ini masyarakat lebih mengenal Mbah Hinan selain sebagai alim ulama yang ahli di bidang agama juga ahli di bidang ilmu hikmah. Tak sedikit yang berhubungan dengan beliau berkaitan dengan ilmu kekebalan untuk pertahanan diri bahkan tak sedikit yang berkaitan dengan kedudukan dan jabatan.

Habib Sholeh wafat di Tanggul ketika senja pada hari Sabtu, tanggal 8 Syawal 1396 Hijriyah bertepatan dengan tanggal 2 Oktober 1976 M. Beliau wafat setelah berwudhu dan sebelum sempat melaksanakan shalat Maghrib.

Habib Sholeh  bin  Muhsin Al-Hamid Tanggul  Jember, dalam dakwah beliau selalu  menasehati  banyak  orang  untuk  istiqomah dalam kebaikan, beliau menilai kehidupan duniawi hanyalah  sementara,  dan  mereka  biasanya menyiapkan bekal secara bersungguh-sungguh untuk menghadapi  kehidupan  setelah  kematian.

Habib Sholeh Tanggul adalah sosok yang ringan tangan dan sabar dalam membimbing umat. Beliau selalu memulai pendidikannya dengan mengajari masyarakat dengan hal-hal yang diperintahkan Allah dan menjauhi hal-hal yang dilarang oleh Allah.

Bahkan hingga kini, walaupun sang Habib telah wafat secara fisik, masjid yang dibangun oleh beliau tetap mendidik ummat untuk tetap melaksanakan sholat berjamaah. Dari makam beliau, Habib Sholeh tetap istiqomah mengajak ummat untuk selalu membaca Al-Quran dan sholawat kepada baginda Rasulullah Muhammad SAW.

Marilah kita semua menyempatkan waktu sejenak untuk mendoakan beliau, semoga apa yang beliau kerjakan menjadi amal baik yang tak akan pernah terputus dan Allah senantiasa mencurahkan Rahmat-Nya kepada beliau.

Semoga kita sebagai murid, santri, dan muhibbin beliau mendapat keberkahan dari semua yang beliau tinggalkan.