Khutbah Shalat Gerhana Bulan: Tafakkur Tanda Kebesaran Allah SWT dalam Fenomena Gerhana

 
Khutbah Shalat Gerhana Bulan: Tafakkur Tanda Kebesaran Allah SWT dalam Fenomena Gerhana
Sumber Gambar: Pixabay, Ilustrasi: laduni.ID

KHUTBAH I

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الْــمَلِكِ الْحَقِّ الْــمُبِيْنِ، اَلَّذِي أَرْسَلَ آيَاتِهِ عِبْرَةً لِلْمُعْتَبِرِيْن أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَه إِلَهُ اْلأَوَّلِيْنَ وَالْآخِرِينَ, وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحمّداً عَبْدُهُ ورَسُولُهُ الْــمَبْعُوثُ رَحْمَةً لِلْعَالَــــمِيْنَ, اللَّهُمَّ صلِّى وَ سَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ سَيِّدِ الْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ . أمَّا بَعْدُ،

يَا عِبَادَ اللهِ أُوْصِيْكُمْ وَ نَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ , فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ وَاسْمَعُوا وَأَطِيعُوا وَأَنفِقُوا خَيْرًا لِّأَنْفُسِكُمْ ۗ وَمَنْ يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ.

قَالَ اللهُ تَعَالَى: وَمِنْ آيَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ ۚ لَا تَسْجُدُوْا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوْا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ. وَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ : إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لَا يَخْسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلَا لِحَيَاتِهِ فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَادْعُوا اللَّهَ وَكَبِّرُوا وَصَلُّوا وَتَصَدَّقُوا

Segala puji bagi Allah SWT, yang telah melimpahkan anugerah-Nya kepada kita semua, sehingga dalam kesempatan ini kita bisa berkumpul bersama berjamaah melaksanakan shalat gerhana bulan, menyaksikan kebesaran dan kuasa-Nya. Shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada junjungan kita, Baginda Nabi Muhammad SAW. Dengan risalah yang dibawanya, kita dapat mengenal Islam, Iman dan Ihsan. Membawa kita pata petunjuk yang jelas dan lurus menuju kepada Allah SWT.

Mari kita senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT semampu yang bisa kita lakukan. Karena apalah arti hidup ini tanpa iman dan takwa . Jika seseorang hidup tanpa itu, maka mudah sekali akan terombang-ambing oleh ketidakpastian hidup yang bisa menjeremuskan pada keburukan demi keburukan. Na’udzubillah.

Jamaah Shalat Gerhana Bulan yang Dirahmati Allah,

Dalam momen ini, mari kita bertafakkur, merenungkan kebesaran Allah SWT. Saat ini, kita melihat fenomena gerhana bulan. Satu fenomena alam yang tidak bisa direkayasa oleh siapapun. Gerhana itu adalah bukti kekuasaan dan kebesaran Allah SWT.

Fenomena gerhana bukanlah penanda tentang akan terjadinya hal-hal ghaib atau disebabkan oleh telah terjadinya hal-hal lain, sebagaimana keyakinan masyarakat dahulu yang meyakini bahwa itu adalah peristiwa ditelannya bulan, atau penanda bencana bagi petani, peternak, pedagang dan lain sebagainya. Semua keyakinan itu tidak ada dasarnya dan tidak bisa dibenarkan sama sekali.

Jamaah Shalat Gerhana Bulan yang Dirahmati Allah,

Allah SWT berfirman dalam Surat Yasin ayat 40:

لَا الشَّمْسُ يَنْبَغِي لَهَا أَنْ تُدْرِكَ الْقَمَرَ وَلَا اللَّيْلُ سَابِقُ النَّهَارِ ۚ وَكُلٌّ فِي فَلَكٍ يَسْبَحُونَ

“Tidaklah mungkin bagi matahari mengejar bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Masing-masing beredar pada garis edarnya (orbit).

Ayat ini menyiratkan makna yang sangat jelas, menerangkan secara ilmiah, bahwa terjadinya gerhana adalah ketika matahari, bulan, dan bumi berada di satu garis lurus. Dalam penjelasan ilmu alam, jika bulan menghalangi cahaya matahari ke bumi, maka akan terjadilah fenomena gerhana matahari. Sedangkan kalau bumi menghalangi cahaya matahari sampai ke bulan, maka terjadilah fenomena gerhana bulan. Para ilmuan telah meneliti hal ini, dan memang siklus tersebut terjadi secara teratus sesuai dengan kehendak Allah SWT.

Allah SWT adalah Dzat yang Maha menciptakan alam semesta ini dengan segala isinya. Allah menciptakan bulan sebagai cahaya, matahari sebagai sumber cahaya, dan Allah juga menciptakan orbit atau garis edar segala benda langit untuk kehidupan manusia di bumi. Semua itu jika direnungkan dan dipahami dengan sebaik-baiknya akan menegaskan akan tanda kekuasaan Allah SWT. Karena memang semua itu dimaksudkan bagi orang-orang yang berpikir.

Oleh karena itu, marilah kita senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Tidak ada mitos-mitos yang terkait dengan kejadian gerhana, baik gerhana bulan ataupun gerhana matahari. Mari kita banyak beristighfar, memohon ampun dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Jamaah Shalat Gerhana Bulan yang Dirahmati Allah,

Ketahuilah, bahwa sejak dulu kala, bila terjadi gerhana, Nabi Muhammad SAW telah memerintahkan kepada kita untuk senantiasa berdoa kepada Allah, mendirikan salat sunnah gerhana, bertakbir dan bersedekah. Petunjuk itu sebagaimana sabda beliau yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, yang berbunyi berikut ini:

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لَا يَخْسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلَا لِحَيَاتِهِ فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَادْعُوا اللَّهَ وَكَبِّرُوا وَصَلُّوا وَتَصَدَّقُوا

"Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah, dan tidak akan mengalami gerhana disebabkan karena mati atau hidupnya seseorang. Jika kalian melihat gerhana, maka banyaklah berdoa kepada Allah, bertakbirlah, dirikan shalat dan bersedekahlah." (HR. Bukhari)

Hadis ini dengan tegas menjelaskan bahwa fenomena gerhana itu adalah benar-benar tanda kebesaran Allah SWT, bukan terkait dengan hal-hal lain.

Nabi Muhammad juga mengingatkan kepada kita agar merenungkan hal itu untuk menghadirkan rasa takut kepada Allah SWT. Sebab, peristiwa tersebut dapat mengingatkan kita akan tanda-tanda kejadian Hari Kiamat, dan karena itu pula kita akan merasa takut ditimpa azab-Nya, sehingga bersegera untuk bertaubat kepada-Nya, dan selalu berbuat amal sholeh.

Selaras dengan keterangan Hadis tersebut, Allah SWT berfirman di dalam Surat Fussilat ayat 37.

وَمِنْ اٰيٰتِهِ الَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُۗ لَا تَسْجُدُوْا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوْا لِلّٰهِ الَّذِيْ خَلَقَهُنَّ اِنْ كُنْتُمْ اِيَّاهُ تَعْبُدُوْنَ

“Sebagian dari tanda-tanda (kebesaran)-Nya adalah malam, siang, matahari, dan bulan. Janganlah bersujud pada matahari dan jangan (pula) pada bulan. Bersujudlah kepada Allah yang menciptakannya jika kamu hanya menyembah kepada-Nya.”

Jamaah Shalat Gerhana Bulan yang Dirahmati Allah,

Dikisahkan, ketika Nabi Muhammad SAW dalam shalat Kusuf, beliau pernah diperlihatkan oleh Allah, surga dan neraka. Lalu pada saat khutbah, beliau menyampaikan nasihatnya.

يَا أُمَّةَ مُحَمَّدٍ إِنْ مِنْ أَحَدٍ أَغْيَرَ مِنْ اللَّهِ أَنْ يَزْنِيَ عَبْدُهُ أَوْ تَزْنِيَ أَمَتُهُ يَا أُمَّةَ مُحَمَّدٍ وَاللَّهِ لَوْ تَعْلَمُونَ مَا أَعْلَمُ لَبَكَيْتُمْ كَثِيرًا وَلَضَحِكْتُمْ قَلِيلًا أَلَا هَلْ بَلَّغْتُ وَفِي رِوَايَةِ مَالِكٍ إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ

“Hai umat Muhammad, sungguh tidak ada kebencian yang melebihi kebencian Allah jika ada hamba-Nya (lelaki atau perempuan) yang berzina. Hai umat Muhammad, demi Allah, seandainya kalian mengetahui apa yang aku ketahui, niscaya kalian akan banyak menangis dan sedikit tertawa.” (HR. Muslim)

Rasulullah SAW tahu betapa pedihnya azab Allah SWT di Neraka, dan betapa nikmatnya surga yang disiapkann Allah SWT. Karena itu, beliau tak pernah berhenti untuk selalu mengingatkan umatnya agar banyak beribadah, memohon ampunan kepada Allah SWT dan banyak beramal baik.

Jamaah Shalat Gerhana Bulan yang Dirahmati Allah,

Dengan adanya pemahaman gamblang mengenai fenomena gerhana melalui petunjuk Al-Qur’an dan Hadis tersebut, maka marilah kita tingkatkan motivasi untuk terus belajar memahami alam semesta ini yang tidak diciptakan oleh-Nya dengan sia-sia. Semua itu menunjukkan dan menegaskan tentang kebesaran dan kekuasaan Allah SWT. Sementara kita, tak lebih adalah makhluk kecil yang tidak bisa mengelak dari kuasa-Nya sama sekali. Karena itu, kita harus benar-benar tunduk dan takut kepada Allah SWT. Tetapi pada saat yang sama, kita juga harus tetap mempunyai harapan, bahwa Allah SWT adalah Dzat Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Kasih sayang-Nya meliputi segala hal.

Semoga Allah memudahkan segala urusan kita untuk meningkatkan ibadah kepada-Nya dan memikirkan segala kebesaran dan keindahan ciptaan-Nya. Sebagaimana firmah Allah SWT.

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ. الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS. Ali Imran 190-191)

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْانِ الْعَظِيْمِ، وَ نَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْاَيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَ تَقَبَّلَ مِنّي وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ، أَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهُ لِي وَ لَكُمْ وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

 

KHUTBAH II

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ الْاِيْمَانِ وَالْاِسْلَامِ. وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَيْرِ الْأَنَامِ. وَعَلٰى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ الْكِرَامِ. أَشْهَدُ اَنْ لَا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ الْمَلِكُ الْقُدُّوْسُ السَّلَامُ وَأَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا وَحَبِيْبَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَاحِبُ الشَّرَفِ وَالْإِحْتِرَامِ.

فيَآايُّهاالنّاسُ اتَّقُوا اللهَ تَعَالَى وَذَرُوا الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ وَحَافِظُوْا عَلَى الطَّاعَةِ وَحُضُورِ الْجُمُعَةِ والْجَمَاعَةِ. وَاعْلَمُوا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ  فِيه بِنَفْسِهِ وَثَنَّى بِمَلائكةِ قُدْسِهِ. فَقالَ تَعَالَى ولَمْ يَزَلْ قائِلاً عَلِيمًا: إِنَّ اللهَ وَملائكتَهُ يُصَلُّونَ على النَّبِيِّ يَآ أَيّها الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وسَلِّمُوا تَسْلِيْمًا اللَّهمَّ صَلِّ وسَلِّمْ على سيِّدِنا محمَّدٍ وعلى آلِ سيِدِنَا محمَّدٍ  كَما صَلَّيْتَ على سيِّدِنا إِبراهِيمَ وعلى آلِ سيِّدِنَا إِبراهِيمَ في الْعالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ. اللَّهمَّ وَارْضَ عَنِ الْخُلَفَاءِ الرّاشِدِينَ الَّذينَ قَضَوْا بِالْحَقِّ وَكانُوا بِهِ يَعْدِلُونَ أَبي بَكْرٍ وعُمرَ وعُثْمانَ وعلِيٍّ وَعَنِ السَتَّةِ الْمُتَمِّمِينَ لِلْعَشْرَةِ الْكِرامِ وعَنْ سائِرِ أَصْحابِ نَبِيِّكَ أَجْمَعينَ وَعَنِ التَّابِعِينَ وتَابِعِي التَّابِعِينَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسانٍ إِلَى يَومِ الدِّينِ. اللَّهمَّ لا تَجْعَلْ لِأَحَدٍ مِنْهُمْ فِي عُنُقِنَا ظَلَامَةً ونَجِّنَا بِحُبِّهِمْ مِنْ أَهْوَالِ يَومِ الْقِيامَةِ.

 اَللَّهُمَّ أَعِزَّ الْإِسْلَامَ والمُسْلِمِيْنَ وأَهْلِكِ الْكَفَرَةَ والمُشْركِينَ، ودَمِّرْ أَعْداءَ الدِّينِ، اَللَّهمَّ آمِنَّا فِي دُوْرِنَا وأَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِنَا، وَاجْعَلِ اللَّهُمَّ وِلَايَتَنا فِيمَنْ خافَكَ وَاتَّقَاكَ، اللَّهمَّ آمِنَّا فِي دُوْرِنَا وأَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِنَا، وَاجْعَلِ اللَّهُمَّ وِلَايَتَنا فِيمَنْ خافَكَ وَاتَّقَاكَ.

اللَّهمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْياءِ مِنْهُمْ والْأَمْواتِ بِرَحْمَتِكَ يَا وَاهِبَ الْعَطِيَّاتِ. اللَّهمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ والوَباءَ والزِّنا والزَّلَازِلَ وَالمِحَنَ وَسُوءَ الفِتَنِ ما ظَهَرَ مِنْها وما بَطَنَ عَنْ بَلَدِنا هَذا خاصَّةً وعَنْ سائِرِ بِلَادِ الْمُسلمينَ عامَّةً يا رَبَّ الْعَالَمِينَ. رَبَّنا آتِنا في الدّنيا حَسَنَةً وَفي الآخرة حَسَنَةً وقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

***

عِبادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ والْإِحْسان وإِيتاءَ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الْفَحْشاءِ والْمُنْكَرِوَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ، فَاذْكُرُوا اللهَ العَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوهُ على نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَاسْئَلُوهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ أَكْبَرُ


Oleh Abd. Hakim Abidin, M.A.
(Rais ‘Amm Pesantren Mambaus Sholihin, Gresik 2014-2015, dan Pendiri Zawiyah Ar-Rifaiyah, Ciputat)
___________

Editor: Kholaf