Biografi KH. Hasyim Padangan

 
Biografi KH. Hasyim Padangan

Daftar Isi

1          Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Riwayat Keluarga
1.3       Wafat

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Mengembara Menuntut Ilmu
2.2       Guru-guru Beliau
2.3       Mendirikan dan Mengasuh Pesantren

3          Penerus Beliau
3.2       Murid-murid Beliau

4          Jasa, Organisasi, dan Karya
4.1       Riwayat Organisasi
4.2       Karier Beliau
4.3       Karya Beliau

5          Referensi

6          Chart Silsilah Sanad

1 Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1  Lahir

Dalam buku Lahirnya NU Bojonegoro dan Hikayat Padangan Kota Cahaya (2020), dijelaskan bahwa Syekh Hasyim Al Fadangi atau KH. Hasyim Padangan (1850-1942) lahir di Desa Ngasinan Kecamatan Padangan, Kabupaten Bojonegoro. Beliau lahir di Desa Ngasinan yang masyhur sebagai markas Pasukan Diponegoro Divisi Malang Negoro pada Perang Jawa (1825-1830). Di Kecamatan Padangan, ada dua kawasan yang dikenal sebagai kawasan Islam sepuh. Selain Desa Kuncen, adalah Desa Ngasinan.

1.2  Wafat

KH. Hasyim Padangan meninggal pada 1942 yang saat itu menurutnya pada usia sekitar 90an, jenazah beliau dimakamkan di komplek pemakaman bani Usman Jalakan Padangan Bojonegoro, Jl. Bengawan Solo no 276, Dusun jalakan, Padangan, Kec. Padangan, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

2  Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

2.1   Mengembara Menuntut Ilmu

KH. Hasyim Padangan menuntut ilmu pada seorang waliyullah bernama Sayyid Abdurrahman Hasyim Basyaiban, KH. Hasyim Padangan juga pernah menuntut ilmu di tanah Haramain pada ulama-ulama besar pada zamannya. Tak berhenti di sana, KH. Hasyim Padangan masih memperdalam ilmu ke Pulau Madura. KH. Hasyim Padangan belajar secara langsung pada KH. Kholil Bangkalan.

2.2  Guru-guru Beliau

Guru-guru beliau ketika menuntut ilmu adalah:

  1. Sayyid Abdurrahman Hasyim Basyaiban
  2. KH. Kholil Bangkalan

2.3  Mendirikan dan Mengasuh Pesantren 

Setelah menuntut ilmu pada Syeikh Kholil Bangkalan, KH. Hasyim Padangan baru mendirikan Pondok Pesantren yang berada di Dusun Jalakan, Desa Padangan, Bojonegoro. Di tempat itu pula, santri dari berbagai daerah mulai berdatangan. Sejak saat itu, beliau dikenal dengan nama Mbah Hasyim Jalakan Padangan.

3  Penerus Beliau             

3.1  Murid-murid Beliau 

Ulama-ulama yang menjadi murid KH. Hasyim Padangan adalah:

  1. KH. Baidlowi Lasem
  2. KH. Bisri Mustofa (ayah Gus Mus)
  3. KH. Usman Cepu
  4. KH. Ahmad Bisri Mbaru
  5. KH. Abdul Hadi Padangan

4  Jasa, Organisasi dan Karier            

4.1  Jasa-jasa Beliau

Pendiri PCNU di NU Padangan, NU Cepu (Kabupaten Blora, Jawa Tengah), dan NU Bojonegoro

Selain menulis banyak kitab dan melahirkan banyak ulama besar, dalam dunia organisasi, jasa terpenting KH. Hasyim Padangan adalah mendirikan sejumlah pengurus cabang (PC) NU lintas kota dan provinsi. Yakni NU Padangan, NU Cepu (Kabupaten Blora, Jawa Tengah), sekaligus NU Bojonegoro. KH. Hasyim Padangan adalah sosok yang sering disowani sekaligus ditabaruki dan diistifadahi (dicari berkah dan faedahnya, red) oleh KH. Abdul Wahab Chasbullah, saat awal masa pendirian NU.

KH. Wahab Chasbullah adalah teman satu angkatan KH. Usman Cepu, yang tak lain adalah menantu dari KH. Hasyim Padangan. Selain karena ayah mertua dari sahabat karibnya, kedatangan KH. Wahab Chasbullah padaKH. Hasyim Padangan juga untuk ngalap berkah pada beliau. Pasca disowani KH. Wahab Chasbullah itulah,KH. Hasyim Padangan langsung mengumpulkan murid-murid dan anak-anaknya seperti KH. Marwan Kuncen, KH. Masjkur Kuncen, KH. Ahmad Bisri Mbaru, dan KH. Hakam Hasyim untuk merintis keberadaan NU Padangan pada 1938.

KH. Hasyim Padangan juga langsung memerintahkan menantunya, yakni KH Usman Cepu, untuk berdakwah dan mendirikan Pondok Pesantren Assalam Cepu (kelak menjadi pesantren pertama di Kota Cepu) yang juga jadi cikal bakal tempat deklarasi NU Cepu pada 1938.

Tak hanya itu, KH. Hasyim Padangan juga memerintahkan anak beliau yang lain, yakni KH. Sholeh Hasyim, untuk berdakwah dan membangun jalan berdirinya NU di Kota Bojonegoro pada 1940-an. Meski, NU Bojonegoro baru lahir secara resmi pada 1953, saat KH. Sholeh Hasyim sudah wafat.

4.2  Riwayat Organisasi

Rois Suriah PCNU Padangan

4.3  Karya Beliau

Semasa hidup beliau pernah mengarang beberapa buah buku/kitab yang berjudul :

  1. Tasrifan Padangan
  2. kitab Al Maqsud, Imriti dan Alfiah ke dalam bahasa jawa.

5  Referensi 

Hasil riset tim Laduni.Id

6  Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Hasyim Padangan dapat dilihat DI SINIdan chart silsilah sanad murid beliau dapat dilihat DI SINI.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 07 Mei 2022, dan terakhir diedit tanggal 12 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya