Biografi KH. Bahar bin KH. Noerhasan, Kyai Alit dari Pesantren Sidogiri

 
Biografi KH. Bahar bin KH. Noerhasan, Kyai Alit dari Pesantren Sidogiri
Sumber Gambar: sidogiri.net

Daftar Isi Biografi KH. Bahar bin KH. Noerhasan

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Riwayat Keluarga
1.3  Wafat
2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1  Pendidikan
2.2  Guru-Guru Beliau
3.    Penerus Beliau
3.1  Murid-Murid Beliau
4.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
4.1  Diusir dari Pesantren
4.2  Pengasuh Pesantren Sejak Kecil
4.3  Metode Pengajaran Beliau
4.4  Menyatukan Habaib dan Kyai
5.    Teladan Beliau
5.1  Figur Alim Allamah
5.2  Khumul dan Ramah dalam Bermasyarakat
6.    Karomah dan Keistimewaan Beliau
7.    Referensi

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1  Lahir
KH. Bahar bin KH. Noerhasan lahir pada pertengahan 1800-an. Beliau lahir di tengah laut, dan diharapkan menjadi orang yang berpengetahuan luas dan mendalam, bayi itu oleh Kyai Noerhasan diberi nama Bahrul ‘Ulûm. Artinya, lautan ilmu.

Kyai Bahrul Ulum yang biasa dipanggil Kyai Bahar anak pertama dari pasangan Kyai Noerhasan bin Noerkhatim dan Nyai Hanifah binti Mahalli. Selain anak pertama, beliau satu-satunya anak yang terlahir di tengah laut di antara saudara-saudaranya. Adiknya, dua laki-laki dan tiga perempuan. Yakni:

  1. KH. Dahlan (Sukunsari),
  2. KH. Nawawie (Sidogiri),
  3. Nyai Munawwarah (Serambi),
  4. Nyai Fathonah (Sidogiri),
  5. Nyai Anisatun (Sidogiri).

1.2 Riwayat Keluarga
Istri pertama Kyai Bahar dari Surabaya itu disebut Nyai Sepuh. Nyai Sepuh tinggal di Sidogiri bersama Kyai Bahar. Dari Nyai Sepuh, Kyai Bahar oleh Allah dikaruniai seorang putra yang diberi nama Abdul Ghoni. Mas Ghoni orangnya tampan dan daya tarik (mahabbah)-nya besar. Beliau juga memiliki keistimewaan seperti Kyai Bahar, memiliki ilmu laduni.

Namun Mas Ghoni wafat kira-kira setengah jam sebelum menikah. Akad nikah akan dilaksanakan jam 9 pagi, jam setengah 9 beliau telah menghadap Sang Kuasa.

1.3 Wafat
Mengenai tanggal wafat Kyai Bahar, tidak ditemukan keterangan yang benar-benar detail. Namun bila merujuk pada kalender PP. Sidogiri yang diterbitkan tiap tahun, di sana tertulis bahwa KH. Bahar bin Noerhasan bin Noerkhotim wafat pada tanggal 06 Dzul Qa’dah. Diperkirakan Kyai Bahar wafat tahun 1920-an.

Dua hari sebelum wafat, Kyai Bahar mengalami sakit panas. Kemudian beliau wafat di dalem beliau yang kemudian menjadi dalem KH. Abdul Adzim bin Oerip (sekarang ditempati oleh Mas Ahmad Baqir), yaitu di timur dalem KH. Sa’doellah Nawawie. Beliau dimakamkan di pesarean keluarga PP. Sidogiri, tepat di barat makam putra beliau, Mas Abdul Ghoni.

Ada yang menarik tentang Kyai Bahar pasca wafat beliau. Yaitu, kalau terlihat macan putih di pesarean Sidogiri, macan itu adalah Kyai Bahar. Setelah wafat beliau, Kyai Bahar memang sering tampak kepada santri berupa macan putih. Pernah seorang santri mengaji di barat jendela masjid Sidogiri.

Tiba-tiba, muncul macan putih di hadapannya. Maka santri tersebut menanyakan tentang macan putih itu kepada salah satu Masyayikh Sidogiri. Langsung beliau menjawab bahwa macan putih itu adalah Kyai Bahar. Besoknya santri itu mengaji di tempat yang sama, ternyata dia mendengar suara suara hâtif (suara tanpa wujud) yang menyuruhnya untuk pergi ke sungai Ngempit.

Paginya, santri itu berangkat ke sungai Ngempit, di sana ia menemukan seorang pengemis yang meminta rokok dua batang. Oleh santri itu, pengemis tersebut diberi satu pak rokok, tetapi dia tidak mau. Akhirnya, oleh santri itu dia diberi rokok dua batang. Kemudian santri itu diberi akik oleh pengemis misterius itu.

Namun, sumber lain menjelaskan bahwa sosok di balik “macan putih” itu adalah Kyai Noerhasan, yang tak lain adalah ayahanda Kyai Bahar.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan
Kyai Bahar kecil hidup di bawah naungan keluarga yang penuh kasih sayang, dan ajaran-ajaran bernafaskan agama mewarnai kehidupan beliau. Ayah  beliau seorang pengasuh PP. Sidogiri yang kesohor dengan kealiman beliau sejak mondok, dan ibu beliau adalah putri seorang Pengasuh PP. Sidogiri, KH. Mahalli.

2.1 Pendidikan
Pekembangan Kyai Bahar bin Noerhasan kecil tidak lepas dari pengawasan KH. Noerhasan bin Noerkhotim, ayah beliau. KH. Noerhasan mendidik putra pertamanya itu dengan baik, karena beliau kelak yang diharapkan menjadi penerus perjuangan ayah beliau. Kemudian, setelah dirasa cukup umur, maka KH. Noerhasan berencana untuk memberangkatkan putra beliau itu menuntut ilmu ke pesantren lain.

KH. Noerhasan adalah orang yang tawaduk dan menghormati orang alim, walaupun santri beliau sendiri. Meski beliau seorang Kyai besar, beliau memilih salah satu santri beliau untuk mendidik putra beliau. Putra beliau, Kyai Bahar, dimondokkan kepada Syekh Cholil di Bangkalan Madura. Beliau adalah seorang wali dan ulama besar, hafal Al-Quran pada masa kecil, pakar Fikih, Nahwu, dan Tasawuf, juga mursyid tarekat Qadariyah wan Naqsyabandiah.

Petualangan Kyai Bahar mencari ilmu tidak hanya di Bangkalan kepada Syekh Cholil, namun juga dilakukan di kota lahirnya agama Islam, Makkah Al-Mukarramah. Sebenarnya, beliau belajar ke Makkah sekadar untuk mentahqîq-kan ilmu beliau, guna mengetahui seberapa dalam ilmu yang telah beliau peroleh.

Diduga kuat bahwa Kyai Bahar menuntut ilmu di Makkah ketika menunaikan ibadah haji. Pada masa itu, orang naik haji ke Makkah selama tujuh bulan. Yakni dua bulan untuk pulang-pergi naik kapal laut, dan lima bulan mukim di Makkah Al-Mukarramah. Kesempatan besar mukim di Makkah itu tidak disia-siakan oleh Kyai Bahar.

Beliau mengisi waktu luang beliau dengan mengaji di beberapa tempat. Di antaranya adalah majelis pengajian yang dibina oleh Sayyid Abu Bakar Syatha Ad-Dimyathi (wafat pasca 1300 H), pengarang kitab I‘ânatuth-Thalibîn. Beliau seorang ahli fikih kenamaan yang juga menjadi guru KH. Noerhasan, ayah Kyai Bahar.

Ketika Kyai Bahar berada di tanah suci, beliau banyak menjawab pertanyaan dari orang-orang di sana. Anehnya, walaupun pertanyaan-pertanyaan yang ditujukan kepada beliau dari beberapa mazhab yang berbeda, Kyai Bahar dengan mudah menjawab satu persatu sesuai dengan mazhab masing-masing. Nama Kyai Bahar pun terkenal di kalangan mereka sebagai seorang yang berwawasan tinggi dalam hukum-hukum Syariat

2.1 Guru Beliau

  1. KH. Noerhasan bin Noerkhotim (ayah),
  2. Syekh Cholil di Bangkalan Madura,
  3. Sayyid Abu Bakar Syatha Ad-Dimyathi.

3. Penerus Beliau

3.1 Murid-Murid Beliau
Kyai Bahar istiqomah dalam mengajarkan ilmu kepada santri-santri beliau. Sehingga dengan keistikamahan beliau inilah banyak santri beliau yang tercetak menjadi ulama yang memiliki nama yang harum di kalangan masyarakatnya masing-masing. Di antara santri Kyai Bahar yang terkenal di masyarakat adalah:

  1. KH. R. Syamsul Arifin (Sukorejo Situbondo, ayah KHR As’ad Syamsul Arifin),
  2. KH. Syamsul Arifin (Kauman Bondowoso, mertua KA Sa’doellah Nawawie Sidogiri),
  3. KH. Fathullah (Banjarsari Probolinggo, kakek Mas Sahal Sidogiri),
  4. KH. Zainal (Rembang Pasuruan).

Setelah Kyai bahar wafat, mereka melanjutkan mengaji kepada Kyai Nawawie.

Santri Kyai Bahar selain dari Madura, juga ada yang dari daerah lain di Jawa Timur, ada pula yang dari Jawa Tengah. Namun kebanyakan santri Kyai Bahar adalah orang-orang dari suku Jawa. Kebetulan mereka sulit diatur, sulit dikendalikan, dan mudah lupa terhadap pelajaran yang telah beliau sampaikan.

Berbeda dengan santri Kyai Nawawie yang kebanyakan dari Madura, mereka terkenal sangat patuh, taat, dan tidak mudah lupa, meskipun sudah lama. Sampai-sampai Kyai Bahar pernah dawuh, “Aku duwe santri rollas, ijol ambek santrine Nawawie siji, santri Madura, gellem aku (Santri saya 12 orang ditukar dengan santrinya Nawawie satu, saya mau).” Mungkin maksud beliau, santri yang mengaji kepada Kyai Nawawie.

Diperkirakan jumlah santri saat itu tidak sampai ratusan, mereka mondok hanya untuk menambah ilmu dan barakah, bukan mencari ilmu. Sebab mereka berangkat tidak dari nol. Sebelum mondok ke Sidogiri, mereka telah memiliki bekal ilmu yang cukup.

4. Perjalanan Hidup dan Dakwah
Kyai Bahar mondok di Bangkalan pada umur 9 atau 12 tahun. Di antara teman seperiode beliau ketika mondok di Bangkalan adalah KH. Manaf Abdul Karim, pendiri PP. Lirboyo, Kediri. Tidak banyak keterangan tentang bagaimana Kyai Bahar saat nyantri di Bangkalan, baik tahun atau kegiatan keseharian beliau. Namun kisah yang masyhur adalah tentang beliau ditakzir dan “diusir” oleh guru beliau.

4.1 Diusir dari Pesantren
Alkisah, ketika Kyai Bahar mondok di pesantren Syekh Cholil, beliau bermimpi tidur dengan istri Syekh Cholil. Pagi harinya (versi lain waktu Subuh) Syekh Cholil keluar membawa pedang (versi lain golok tumpul) sambil marah-marah pada santri beliau. Kata beliau, “Korang ajer! Sapah malemmah tedung bereng bi’ tang bineh. Ayoh ngakoh! Sapah malemmah tedung bi’ tang bineh?! (Kurang ajar! Siapa tadi malam yang tidur dengan istri saya? Ayo mengaku! Siapa yang tadi malam tidur dengan istri saya?!).”

Semua santri ketakutan dan tidak ada yang berani menjawab, karena mereka merasa tidak melakukannya. Lalu Syekh Cholil menyuruh mereka berjalan dua-dua (bergandengan) di depan beliau, “Ayuh keluar wek-duwek!” (Ayo keluar dua-dua!), bentak Syekh Cholil yang terkenal keras itu. Para santri pun keluar secara bergandengan. Namun, santri yang terakhir tidak ada gandengannya.

Syekh Cholil yang mengetahui hal itu heran dan berkata, “Leh, riyyah kemmah berengah? (Lah, ini mana gandengannya?).” “Sobung Kiaeh (tidak ada Syekh),” jawab santri yang tanpa pasangan tersebut dengan gemetar. “Paleng se ngetek jiah se tedung bi’ tang bineh! Ayuh sare’en, sare’en! (Mungkin yang bersembunyi itu yang tidur dengan istri saya! Ayo cari, cari!),” perintah beliau.

Segera semua santri yang waktu itu berjumlah 20 orang mencari Kyai Bahar kecil yang bersembunyi di biliknya karena merasa bersalah dengan mimpi yang beliau alami. Akhirnya beliau ditemukan dan segera dibawa ke hadapan Syekh Cholil. Dengan berterus terang, Kyai Bahar menceritakan apa yang dialami beliau itu, “Enggi kauleh kiaeh, keng kauleh nekah mempeh! (Ya, memang saya yang melakukannya Syekh, tapi saya cuma mimpi!).”

Setelah mendengar penuturan santri beliau itu, Syekh Cholil menghukum beliau dengan disuruh menebang pohon-pohon bambu (barongan) di belakang dalem dengan pedang tumpul yang sejak tadi dalam genggaman beliau. “Setiah be’en e tindak bi’ engko’! Barongan se bedeh neng budinah romah ruah ketok kabbi sampek berse! Jek sampek bedeh karenah tekkaah daun settong! (Sekarang kamu saya tindak. Rumpun bambu yang ada di belakang rumah saya itu tebang semua sampai bersih! Jangan sampai ada sisanya, meskipun selembar daun!),” kata beliau.

Dalam riwayat lain, Syaichona mengatakan, “Reng-perreng poger kabbih, seareh koduh mareh! (Bambu-bambu itu tebang semua, sehari harus sudah selesai!).” Ajaib, ternyata Kyai Bahar bisa merampungkannya setengah hari.

Setelah selesai dari tugas beliau, Kyai Bahar kecil pergi menghadap Syekh Cholil, untuk melaporkan hasil pekerjaan beliau. Syekh Cholil yang melihatnya menghadap, bertanya dengan nada tinggi, “Mareh (sudah)?!”

Si santri menjawab singkat, “Enggi, ampon (Iya, sudah)” sambil menyerahkan kembali pedang yang dibawa tadi.

Setelah itu, Syekh Cholil mengajak beliau ke dalam suatu ruangan yang di dalamnya tersedia beberapa talam penuh nasi, lengkap dengan lauk-pauknya, yang konon cukup untuk makan 40 orang.

Ternyata sang guru menyuruh beliau menghabiskan nasi-nasi itu. “Setiah, riyyah kakan petadek! Jek sampek tak epetadek. Mon sampek tak epetadek, e pedhdheng been! (Sekarang, makan ini sampai habis! Jangan sampai tidak dihabiskan. Kalau tidak dihabiskan, saya tebas kamu!)” perintah beliau dengan mengancam.

Secara akal, tidak mungkin satu orang bisa menghabiskan makanan sebanyak itu. Tetapi ternyata Kyai Bahar kecil bisa memakan nasi-nasi itu sampai habis dalam waktu singkat.

Setelah selesai, Syekh Cholil membawa beliau ke ruang lain yang penuh dengan aneka buah-buahan. “Setiah, riyyah petadek! (Sekarang, habiskan ini!)” perintah beliau. Segeralah Kyai Bahar melaksanakan perintah guru beliau. Buah-buahan dalam ruangan itu pun habis dalam waktu singkat.

Setelah itu, beliau diajak keluar dari ruangan oleh Syekh Cholil dengan menangis. Kyai Bahar tidak mengerti, kenapa guru beliau menangis. ”Tang elmoh la epetadek bi’ Mas Bahar. Wes lah kakeh mole (Ilmuku sudah dihabiskan oleh Mas Bahar. Sudah, pulanglah kamu!)” kata Syekh Cholil kepada Kyai Bahar seraya mengusap air mata beliau. Nasi, lauk-pauk, serta buah-buahan merupakan isyarah akan aneka macam ilmu Syekh Cholil.

Riwayat lain menyebutkan bahwa Syekh Cholil berkata, “Engkok nyareh elmoh neng Sidogiri payah, setia lah ekoniin pole (Saya mencari ilmu ke Sidogiri dengan susah payah, sekarang sudah dijemput [baca: diambil] kembali).” Dan sebagian riwayat menyebutkan, setelah Kyai Bahar kecil selesai membabat pohon bambu, beliau disiram/dimandikan oleh Syekh Cholil. Ketika disiram, beliau melafalkan niat wudhu. Setelah itu Syekh Cholil menyuruh beliau pulang ke Sidogiri.

Saat Kyai Bahar pulang ke Sidogiri, Syekh Cholil mengikutsertakan tujuh santri beliau dari Madura untuk menjadi santri Kyai Bahar. Masa mondok Kyai Bahar pada Syekh Cholil adalah seminggu, atau kurang dari satu bulan. Setelah “diusir” Syekh Cholil, Kyai Bahar langsung menjadi Pengasuh PP. Sidogiri. Menurut riwayat, setelah peristiwa itu, Syekh Cholil Bangkalan pernah berkata tentang Sidogiri, “Tujuh turun dari keturunan saya harus mondok di Sidogiri.”

4.2 Pengasuh Pesantren Sejak Kecil
Pada pertengahan tahun 1800-an Masehi, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri (PPS) KH. Noerhasan bin Noerkhotim berpulang ke Rahmatullah. Maka tongkat estafet kepengasuhan PP. Sidogiri dilanjutkan oleh putra pertama beliau, KH. Bahar bin Noerhasan. Uniknya, pada saat itu Kyai Bahar masih anak-anak. Beliau mengasuh PP. Sidogiri sampai berusia sepuh.

Dalam sejarah PP. Sidogiri sejak berdiri tahun 1718 atau 1745 M, Kyai Bahar-lah satu-satunya Pengasuh yang mulai mengasuh sejak berusia kanak-kanak dan belum balig. Saat itu usia beliau 12 tahun.

Umur di mana seseorang secara psikologis dan kebiasaan belum menunjukkan kematangan sikap dan mental, tapi beliau mampu mengemban amanat yang agung tersebut dan sanggup mengajarkan bermacam-macam kitab pada santri. Karena itulah beliau disebut “Kyai Alit”, artinya: Kyai yang mengasuh sejak kecil. Bisa dikatakan langka, atau bahkan hampir tidak ditemukan selain di Sidogiri, sebuah pesantren dipimpin oleh seorang Kyai anak kecil.

Kyai Bahar adalah Pengasuh PPS ke-V, dengan urutan:

  1. Sayyid Sulaiman,
  2. KH. Aminullah,
  3. KH. Mahalli,
  4. KH.Noerhasan bin Noerkhotim,
  5. KH Bahar bin Noerhasan.

Meski sudah menjadi seorang Pengasuh, kebiasaan bermain kelereng dan kemiri dengan teman-teman beliau tak hilang dari diri Kyai Bahar. Waktu senggangnya banyak beliau gunakan untuk bermain kelereng bersama teman-teman seusia beliau di depan rumah.

Pada waktu bermain kelereng, pernah beliau kedatangan tamu seorang wali santri yang masih belum mengenal beliau. Wali santri itu bertanya pada beliau, “Le, Pak Yaine ono, Le? (Nak, Pak Kyainya ada?)” Kyai Bahar pun tersenyum mendengar pertanyaan dari si tamu. “Monggo mlebet riyen (Silahkan masuk dahulu ke dalem),” jawab Kyai Bahar. Setelah itu, beliau masuk ke dalem beliau dan berpakaian jubah, layaknya seorang Kyai.

Tamu yang menunggu Kyai keluar dari dalem itu terperanjat melihat anak kecil yang ia tanyakan tadi berpakaian seorang Kyai. Barulah setelah tahu bahwa yang dihadapinya adalah Pengasuh PP. Sidogiri, ia memohon maaf atas kekhilafannya tadi. Kyai Bahar yang santun pun memaklumi tamu beliau itu.

4.3 Metode Pengajaran
Kyai Noerhasan bin Noerkhotim, ayah Kyai Bahar, adalah perintis pengajaran kitab-kitab besar di PP. Sidogiri. Sebagai penerus Kyai Noerhasan, Kyai Bahar juga meneruskan pengajaran kitab-kitab besar yang dirintis ayah beliau, seperti kitab Ihyâ’ ‘Ulûmiddîn, Shahîh Bukhârî, dan Shahîh Muslim.

Beliau juga mengajarkan kitab Kailânî, Ajurrûmiyyah, dan Kafrâwî. Bahkan beliau sering membawa kitab Kafrâwî itu kalau bepergian. Beliau juga bersedia mengajarkan kitab apa saja yang diminta untuk diajarkan. Tempat pengajian Kyai Bahar adalah Surau H, sama seperti ayah beliau.

Kalau pada waktunya mengaji Kyai Bahar kebetulan sedang main kelereng, maka santri beliau disuruh menunggu selesainya beliau main kelereng. “Durung mareh!” kata beliau. Setelah main kelereng, Kyai Bahar mandi, memakai sarung, dan membawa kitab ayah beliau ke surau untuk memulai pengajian kitab.

Kitab-kitab peninggalan Kyai Noerhasan, Ayah Kyai Bahar, berukuran besar kira-kira 25 cm x 35 cm. Kitab-kitab kuno memang berukuran lebih besar daripada kitab zaman sekarang. Karena kitab ayah beliau berukuran besar, Kyai Bahar yang masih kecil tampak agak kesulitan membawanya ke surau. Sampai ada narasumber yang mengistilahkan, “Seakan akan lebih besar kitabnya daripada Kyai Bahar.”

Kendati Kyai Bahar masih anak-anak dan suka main kelereng, kalau mulang kitab, beliau serius, lancar, dan meyakinkan sebagaimana layaknya seorang Kyai yang alim ‘allamah. Kalau sedang mulang kitab atau menjawab pertanyaan orang, Kyai Bahar yang berilmu ladunni memang seakan-akan mendapat ilham, sehingga mampu mengungkapkan ilmunya dengan lancar dan tepat.

Sebagaimana Kyai Noerhasan, Kyai Bahar juga mengisi pengajian di surau peninggalan ayahanda beliau itu (sekarang surau Daerah H) dengan sistem bandongan, sebelum akhirnya terbentuk sistem klasikal seperti sekarang. Dalam bulan Ramadhan pun Kyai Bahar meramaikan PP. Sidogiri dengan membacakan kitab kepada santri beliau. Di bulan Ramadhan, beliau tetap aktif memberi pengajian kepada para santri yang tidak pulang.

Pada awal-awal menjadi Pengasuh, sambil mengajar beliau menghisap rokok, maklum waktu itu beliau belum balig atau belum terkena khithab taklif syar’i untuk berpuasa. ”Awakmu ndak oleh melo’ aku, aku durung balig, aku dorong kewajiban poso! (Kamu jangan meniru saya tidak berpuasa. Kalau saya, belum balig, jadi tidak wajib puasa!)” tegas beliau kepada semua santri beliau kala itu. Ungkapan ini menunjukkan kealiman beliau, yang memahami bahwa dirinya belum wajib puasa.

4.4 Pemersatu Habaib dan Kyai
Pasuruan adalah salah satu kabupaten di Indonesia yang banyak dihuni oleh habaib (keturunan Rasulullah). Sudah menjadi tradisi di kalangan habaib yang notabene berasal dari Hadramaut, kampung para wali berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain yang tak lain tujuan beliau untuk melanjutkan perjuangan dakwah kakek beliau, Rasulullah SAW, terutama di tempat-tempat yang agama Islamnya minoritas atau belum terjamah Islam sama sekali.

Demi mengajak umat di dunia ini pada kebenaran tunggal, yakni Islam, mereka rela dengan ikhlas meninggalkan kampung halaman dan tanah air tercinta. Dan Indonesia adalah salah satu sasaran dakwah mereka, hattâ banyak dijumpai di beberapa daerah di negeri ini para habib keturunan dari Hadramaut yang menetap di Indonesia. Sebagain besar habaib yang tinggal di Indonesia ini menetap untuk selama-lamanya, serta melahirkan keturunan-keturunan di negeri seribu pulau ini.

Adalah Habib Hadi bin Shadiq dari Hadramaut, cucu seorang wali kutub Syekh Abu Bakar bin Salim, habib pertama yang datang langsung dari Hadramaut ke Pasuruan dan menetap di Pasuruan sekitar tahun 1800-an. Disusul kemudian oleh Habib Alwi bin Segaf Assegaf Kebonagung, seorang waliullah yang wafat tanggal 17 Sya’ban 1336 H./ 28 Mei 1918 M. Beliau adalah guru dari Habib Jakfar bin Syaikhon Assegaf (kakek Habib Taufik bin Abdul Qodir Assegaf) Pasuruan.

Di antara teman baik Kyai Bahar adalah Habib Alwi bin Segaf Assegaf tersebut. Kyai Bahar sering berkunjung ke dalem beliau untuk bersilaturahim. Mereka berdua saling menghormati satu sama lain. Terbukti, suatu ketika seperti biasanya Kyai Bahar mengunjungi Habib Alwi di dalem beliau di Kebonagung.

Sesampainya di sana, Kyai Bahar disambut dengan baik dan dipersilahkan masuk ke ruang tamu, sedangkan Habib Alwi sendiri masuk lagi ke dalam gandok (ruang keluarga) beliau. Lima menit kemudian, beliau keluar dengan membawa buah kurma yang masih basah dan segar serta getahnya masih menetes seperti baru diambil dari pohonnya.

Seraya berkata, ”Kiai Bahar, kulo cuma teng panjenengan niki ngetoaken, nang liyane boten. Kerono kulo ngormat teng kekramatane panjenengan. Niki, kulo se’tas ngondo dugi Hadramaut (Kyai Bahar, hanya kepada sampean saya menampakkan/mengeluarkan hal ini, pada orang lain tidak. Karena saya menghormati sampean. Ini kurma untuk sampean, baru saja saya ambil dari Hadramaut Yaman).”

Bagi para wali, bumi ini serasa kecil. Dalam pandangan mereka, bumi ini tak ubahnya sebuah ‘bola’ (dalam segi kecilnya), kapan saja dan ke mana saja mereka mau, dengan seizin Allah dalam waktu sekejap mereka telah sampai ke tempat yang dituju.

Seperti itulah Habib Alwi, beliau dari Pasuruan ke Hadramaut hanya untuk mengambil buah kurma demi menghormati sahabat dekat beliau, Kyai Bahar, jarak yang demikian jauh ditempuh beliau dalam waktu yang relatif singkat: cukup lima menit.

Persahabatan antar ulama seperti yang dilakukan Kyai Bahar dan Habib Alwi tentu berdampak positif, yakni banyak membawa manfaat dan menolak mudarat.

Di antara dampak positif hubungan karib mereka berdua adalah merukunkan kehidupan Kyai-Kyai dan habib-habib di Pasuruan. Sebelum masa Kyai Bahar, hubungan antara habaib dan Kyai tidak rukun. Baru pada masa Kyai Bahar, Habib Alwi, beserta KH. Yasin Pasuruan (kakek Mas Taufik Aqib), oleh beliau-beliau habaib dan Kyai dipertemukan menjadi satu, sehingga hidup dengan rukun.

Pernah Habib Alwi kedatangan tamu-tamu habaib dari Hadramaut. Tamu-tamu itu berkata dengan nada meremehkan, “Apa orang Jawa itu!” Mendengar perkataan tamu-tamu beliau, Habib Alwi tidak terima, lantas beliau memanggil Kyai Ilyas yang waktu itu sedang bekerja memotong kayu. Dengan gergaji di tangannya, Kyai Ilyas datang menghadap beliau.

Kemudian Habib Alwi menyuruh beliau membaca sebuah kitab untuk memperlihatkan pada tamu-tamu beliau akan kebolehan Kyai Jawa. “Ayo baca kitab ini dan artikan!” kata Habib Alwi. Maka Kyai Ilyas membaca dan menjelaskan isi kitab itu dengan tepat dan lancar. Melihat “pertunjukan” itu, tamu-tamu dari Hadramaut akhirnya mengakui kepandaian Kyai Jawa. Sekadar diketahui, Kyai Ilyas adalah cucu dari Kyai Hasan Sanusi (Mbah Slaga) Pasuruan.

5. Teladan Beliau

5.1 Figur Alim ‘Allamah
Kealiman Kyai Bahar sangat terasa oleh orang-orang yang mengenal beliau, bahkan juga oleh orang yang cuma mendengar nama beliau. Ceplas-ceplos, begitulah gaya Kyai Bahar saat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada beliau, seraya menyebutkan nama kitab, jilid, halaman, dll. Setiap disodori suatu permasalahan, dengan mudah beliau menjawabnya.

Jika merasa kesulitan, beliau menengadahkan wajahnya ke langit, seperti beliau melihat jawabannya terpampang di sana, atau ada yang membisiki beliau, baru setelah itu beliau menjawabnya. Kendati demikian, beliau tidak suka menyombongkan diri.

Ada yang mengatakan, kealiman Kyai Bahar sudah tingkatan mushannif (pengarang kitab). Cara beliau dalam memahami kitab memang dikenal sangat mendalam. Sehingga banyak ulama waktu itu yang menyarankan beliau agar menyarahi sebuah kitab, tapi beliau menolaknya.

Bahkan beliau pernah menegur kitab karangan guru adik beliau (guru Kyai Nawawie). Menurut cerita, Kyai Nawawie bermaksud berguru pada Syekh Mahfud Termas dari Indonesia yang menjadi ulama besar di tanah haram.

Sebelum berangkat ke Makkah, Kyai Nawawie meminjam kitab at-Termasi kepada kakak beliau (Kyai Bahar) untuk mengaji langsung pada muallif (pengarang)-nya sendiri, yakni Syekh Mahfud at-Termasi. Di kitab milik Kyai Bahar itu terdapat banyak sekali coretan bergaris-garis. Setelah sampai di Makkah, kitab yang banyak coretannya tersebut diketahui oleh Syekh Mahfud, sang pengarang kitab.

“Ini kok ada coret-coretannya?” tanya Syekh Mahfud. “Saya tidak mengerti, ini kitab kakak saya. Kata saya, mestinya ini tidak perlu. Yang perlu adalah yang ini,” jawab Kyai Nawawie sambil menunjukkan coretan-coretan dari kakaknya itu. Syekh Mahfudz kemudian menimpali, “Seperti apa sih kakakmu itu? Memang ini yang saya tidak mengerti,” puji Syekh Mahfudz mengakui kealiman kakak murid beliau itu.

Ketika berada di Makkah, Kyai Nawawi pernah diberi pertanyaan oleh gurunya untuk dibawa ke Indonesia, karena sang guru ingin tahu bagaimana cara para ulama Indonesia memutuskannya. Kyai Bahar dan Kyai Nawawie ikut serta memutuskan permasalahan tersebut. Setelah diputuskan, Kyai Nawawie memberikan hasil keputusan beliau kepada sang guru.

Dari keputusan yang ada, ternyata yang paling bagus adalah keputusan milik Kyai Bahar. “Aku ingin tahu orang ini. Yang ini, aku ingin tahu orangnya,” ungkap guru Kyai Nawawie. Kemudian Kyai Bahar diundang ke Makkah oleh guru Kyai Nawawi untuk diberi hadiah atau penghargaan, sebagai ungkapan terima kasih serta kekagumannya pada Kyai Bahar. Di samping itu, biaya transportasinya juga ditanggung sang guru.

Kyai Nawawie, adik kandung beliau pun suatu saat pernah memuji kealiman kakak beliau itu. ”Kakang riyah tak pateh ngajian, tapeh kala beih engkok! (Kakak itu jarang mengaji, tapi saya masih saja kalah),” ungkap beliau sembari mengeluhkan perihal diri beliau.

Selain mampu memahami dan mengajarkan berbagai kitab yang tidak pernah dipelajari beliau, juga mampu melihat kekurangan kitab karangan ulama lain, Kyai Bahar juga ahli membuat nazham. Dari keahlian ini, diceritakan bahwa Kyai bahar telah meringkas kitab Mauhibah Dzil-Fadhal karya Syekh Mahfudz Termas dalam bentuk nazham. Tetapi sayang, nazham tersebut tidak sampai dicetak.

Melihat kealiman Kyai Bahar tersebut, pantaslah bila beliau disebut al-‘âlim al-‘allâmah (ulama yang sangat alim). Dari alim beliau, Syekh Cholil pernah menolak orang Jawa yang ingin berguru pada beliau, dan orang tersebut malah disuruh berguru pada Kyai Bahar. Saat itu Kyai Cholil berkata, “Tidak usah mondok ke sini, mondok di Jawa saja, ke Kyai Bahar Sidogiri!”

Putra-putra Kyai Noerhasan yakni KH. Bahar, KH. Dahlan, dan KH Nawawie. Sangat terkenal dengan kealimannya masing-masing, yang diperoleh lewat usaha dan kerja keras menyelami samudera ilmu yang luas tanpa batas.

Namun di antara mereka, hanya Kyai Bahar yang mendapatkan ilmu tanpa usaha yang begitu keras. Kyai Bahar mendapat ilmu ladunni ketika mondok kepada Syekh Cholil Bangkalan. Sebagaimana Kyai Bahar, kedua adik beliau, Kyai Dahlan dan Kyai Nawawie, juga mondok di pesantren Syekh Cholil.

Kyai Dahlan orangnya senang merantau. Dan setelah menikah, beliau pindah dari Sidogiri ke Sukunsari Kebonagung Pasuruan, serta mendirikan pesantren di sana. Pada waktu itu, santri Kyai Dahlan cukup banyak, seperti Sidogiri.

Tapi Kyai Dahlan mengatakan, “Iyo gek kene akeh pisan koyok Sidogiri, tapi gek kene lek aku ndak onok, santrine ndak onok pisan. Lek Sidogiri, sa’terose onok santrine. (Iya, di sini banyak juga santrinya seperti Sidogiri.

Tapi di sini, kalau saya sudah tidak ada, santrinya juga tidak ada. Kalau Sidogiri, terus ada santrinya).” Di antara santri Kyai Dahlan adalah Kyai PP. Genggong Probolinggo, yang pindah ke pesantren Kyai Dahlan setelah mondok kepada Kyai Cholil.

Sedangkan Kyai Nawawie, setelah mondok di Bangkalan, beliau dimondokkan ke Makkah oleh Kyai Bahar. Kemudian beliau menjadi Pengasuh PP. Sidogiri setelah Kiai Bahar meninggal dunia. Ada yang mengatakan, soal kealiman ada pada Kyai Bahar, sedangkan derajat ada pada Kyai Nawawie.

Terbukti sewaktu mereka di Makkah, mereka berdua sama-sama mengisi pengajian, tetapi di sana yang lebih dikenal kealimannya adalah Kyai Bahar, sedangkan yang tampak karamahnya adalah Kyai Nawawie. Karena itu, pengajian yang diisi Kyai Nawawie lebih banyak pesertanya dibanding pengajian yang diisi oleh Kyai Bahar.

Memang orang yang menghasilkan ilmu dengan jerih payah seperti belajar, dsb akan memiliki karamah tersendiri yang tidak dimiliki oleh mereka yang mendapatkan ilmu tanpa adanya usaha atau belajar (baca: mondok). Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW. kepada Siti Aisyah radhiyallâhu ‘anhâ, “Ajruki ‘alā qadri nashabiki (Pahalamu tergantung seberapa besar usahamu).”
 

5.2 Khumul dan Ramah dalam Bermasyarakat
Tidak banyak dijelaskan akan kedekatan beliau dengan masyarakat di lingkungan beliau. Namun jika melihat kedekatan beliau dengan teman-teman sebaya beliau, dapat disimpulkan beliau juga dekat dengan masyarakat.

Kebiasaan beliau bermain kelereng bersama teman-teman menjadikan beliau sebagai sosok yang terbuka dan tak pernah merasa gengsi dengan nama besar yang disandang ayah beliau, Kyai Noerhasan. Meski demikian, Kyai Bahar juga dikenal khumul (tidak suka menampakkan diri sebagai seorang yang bermartabat tinggi).

Beliau lebih suka berkehidupan dan berpenampilan apa adanya. Hal itulah yang membuat beliau tidak banyak dikenal sebagai Kyai oleh masyarakat dan kebanyakan wali santri beliau dalam tatap muka pertama. Apalagi orang yang tidak memiliki hubungan dengan beliau.

Pernah suatu waktu beliau pulang dari perjalanan ke Sidogiri dengan naik dokar. Kebetulan di dokar itu ada seorang tamu yang hendak ke Sidogiri untuk sowan kepada Kyai Bahar, karena ingin menanyakan suatu permasalahan.

Namun, tamu tersebut tidak tahu kalau yang duduk di sampingnya adalah Kyai yang ia maksud, karena menurutnya orang di sebelahnya tidak penampilan seorang Kyai. Dan Kyai Bahar pun tidak mengaku bahwa beliaulah Kyai Sidogiri itu. Ketika itu, penumpang yang duduk bersebelahan dengan Kyai Bahar bertanya kepada beliau tentang Kyai Bahar. Beliau pun tersenyum dan menjawabnya dengan ramah.

Akan tetapi, menurut riwayat lain beliau tidak terlalu dekat dengan masyarakat sekitar. Karena kesibukannya sebagai seorang Pengasuh membuat konsentrasi beliau tercurahkan penuh untuk mendidik santri-santri beliau. Hubungan Kyai Bahar dengan masyarakat dilakukan hanya sekadarnya saja. Kebiasaan orang-orang terdahulu jika ingin mendatangkan seorang ulama, persiapannya dilakukan satu tahun sebelum acara.

Namun demikian beliau selalu menghadiri undangan masyarakat tanpa pilih kasih. Dalam acara kecil-kecilan sekalipun beliau selalu menghadirinya tanpa rasa keberatan. Bagi beliau kedatangannya ke rumah shâhibul-hâjah meski hanya sekadar duduk-duduk sudah merupakan hal yang sangat besar pahalanya karena telah membahagiakan orang lain.

Dalam menghadapi orang lain, Kyai Bahar sangat ramah dan sabar. Ketika ada kemungkaran di masyarakat sekitar, Kyai Bahar tidak langsung menegur mereka dengan keras. Dahulu di lapangan desa Sidogiri sering ada acara seperti ludruk, jaran kepang (kuda lumping) dan lain sebagainya.

Beliau tidak senang acara-acara seperti itu, sehingga beliau pergi ke rumah istri beliau di Surabaya, untuk menghindari kemungkaran tersebut. Kyai Bahar tidak bermaksud membiarkan kemungkaran terjadi di dekat beliau, namun ini adalah wujud penolakan beliau agar masyarakat mengetahui bahwa beliau sangat tidak suka dengan apa yang terjadi.

6. Karomah dan Keistimewaan Beliau
Tidak banyak karamah Kyai Bahar yang diceritakan orang. Tetapi bukan berarti beliau tak memiliki karamah. Karamah beliau yang paling besar adalah ilmu ladunni yang dimiliki. Ilmu ladunni menjadi tanda bahwa beliau adalah salah seorang wali kekasih Allah SWT. Karena ilmu ladunni tidak dapat dimiliki kecuali oleh seorang nabi atau wali.

Hal ini berdasarkan keterangan Imam Al-Ghazali dalam ar-Risalah alLadunniyah, “Wahyu adalah perhiasan para nabi (baca: rasul), sedangkan ilham adalah perhiasan para wali. Ilmu wahyu hanya dikhususkan kepada para rasul. Sedangkan ilmu ladunni, untuk golongan nabi dan wali.”

Di antara karamah Kyai Bahar adalah kemampuan beliau menebang rumpun-rumpun bambu dan menghabiskan berbagai macam makanan dalam waktu cepat, saat diperintah Kiai Cholil di pondok Bangkalan.

Karamah lain tampak saat kematian orang Cina di desa Ngempit. Pada masa Kyai Bahar, seorang Cina yang menetap di Ngempit (desa tetangga Sidogiri) meninggal dunia, tepat pada hari Rabu. Kemudian masyarakat tidak mau memakamkan orang itu di pemakaman orang Islam, karena dia dianggap mati kafir.

Sedangkan pihak keluarga si Cina meminta agar dimakamkan di pemakaman Islam. Tak ayal, masyarakat bersitegang dengan ahli warisnya. Setelah itu, Kyai Bahar datang dan langsung menyuruh masyarakat untuk mengubur di pemakaman Islam. Pada akhirnya, masyarakat sekitar mau memakamkannya itu di pemakaman Islam. Setelah lewat satu minggu, barulah terungkap bahwa ternyata orang Cina itu telah berikrar masuk Islam enam hari sebelum meninggal. Ternyata, Kyai Bahar tahu bahwa orang Cina tersebut sudah masuk Islam.

Di antara karamah beliau lagi, kalau wiridan, beliau khusyuk, tidak terpengaruh oleh apa yang terjadi di sekitarnya, seperti suara mercon yang keras dan banjir besar. Syahdan, pada suatu hari Jumat, setelah shalat Jumat Kyai Bahar tidak turun dari masjid Sidogiri. Tiba-tiba datang banjir bandang. Banjir itu banjir besar, tingginya sampai tangga pertama masjid. Padahal masjid Sidogiri berada di dataran yang lebih tinggi daripada tempat lain. Maka tak heran bila rumah masyarakat Sidogiri banyak yang terendam banjir. Mereka sangat susah, sehingga banyak yang menangis.

Tetapi Kyai Bahar di masjid yang sedang wiridan tidak tahu kalau ada banjir. Beliau baru tahu ketika hendak keluar dari masjid, ternyata terompahnya tidak ada. “Endi terompahku, Rek? (Mana terompahku?),” tanya beliau. “Banjir, Kyai!” kata orang-orang. “Banjir yo kok ndak kondo! (Ada banjir kok tidak bilang-bilang!)” kata beliau, padahal banjirnya sudah cukup lama. Akhirnya, beliau meludah ke air banjir satu kali. Apa yang terjadi? Air banjir berangsur-angsur surut, dan terompah beliau kembali ke tempatnya karena terikut ombak banjir yang surut. “Lha iki opo,” kata beliau saat melihat terompah beliau.

Di antara keistimewaan beliau lainnya, KH. Asy’ari al- Baweani pakar ilmu Falak, penulis kitab Muntahâ Natâ’ijil-Aqwâl yang menetap di Podokaton pernah ditantang oleh Kyai Bahar, “Ayo, coba itungno teko masjid sampe’ pesarean, piro dowone? (Ayo, coba hitung berapa panjangnya jarak dari masjid ke pesarean?)”

Ditantang seperti itu, Kyai Asy’ari tidak berani menjawabnya langsung. Karena beliau melihat di belakang Kiai Bahar ada Nabi Khidir AS. Sebenarnya Kyai Asy’ari mengetahui berapa panjangnya, akan tetapi beliau khawatir jangan-jangan setelah dijawab, ukurannnya akan bertambah panjang.

Itulah sekelumit di antara keistimewaan beliau. Bahkan KH. Cholil Nawawie pernah berpesan, kalau ingin hajatnya terkabul dan punya pangkat yang luhur, maka tawasullah di makam Kyai Bahar. Pernah ada seorang tamu berkunjung kepada KH. Cholil karena ingin meminta bacaan atau amalan, supaya sukses dan terpilih dalam pencalonannya. KH. Cholil menyarankan tamunya itu agar berziarah ke makam Kyai Bahar, ”Aku duduk dukun! Woco’o al-Ikhlas tellung atus tellu wellas de’ makame Kiai Bahar iku! (Aku bukan dukun! Baca saja surat al-Ikhlas 313 kali di pesareannya Kyai Bahar!)”

Pada kesempatan lain, KH. Cholil dawuh, “Lek nang pesareane Kyai Nawawie, moco surat Yasin. Le’ nang Kyai Bahar, moco surat al-Ikhlas! (Kalau berziarah ke pesarean KH Nawawie bin Noerhasan, baca surat Yasin dan kalau berziarah ke pesarean KH. Bahar, baca surat al-Ikhlas!)” Wiridan Kyai Bahar semasa hidup memang Ayat Kursi dan surat al-Ikhlas.

Sedangkan doa atau wiridan seorang Kyai yang sering dibaca ketika hidup beliau, apabila dibacakan di makam beliau setelah wafat, maka insya Allah hajatnya cepat terkabul. Riwayat lain menyebutkan, kalau ke pesarean Kyai Bahar, baca surat al-Ikhlas 11 kali.

Dan menurut sebagian riwayat lain, “Kalau mondok di Sidogiri ingin ilmu ladunni (ilmu tanpa belajar), maka tawasulnya kepada Kiai Bahar. Sedangkan kalau ingin mutabahhir (mendalam) ilmunya, maka tawasulnya kepada Kiai Nawawie.” Selesai.

7. Referensi

  1. Redaksi Majalah Ijtihad, Jejak Langkah 9 Masayikh Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur.
  2. Sidogiri.net https://sidogiri.net/category/masyayikhsidogiri/
 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya