Ditemukan Mumi Berusia 3000 Tahun. Saat Dilihat Kondisinya, Orang-orang Terkejut!   

 
Ditemukan Mumi Berusia 3000 Tahun. Saat Dilihat Kondisinya, Orang-orang Terkejut!   

LADUNI.ID,SEJARAH - Pejabat Mesir telah membuka sarkopagus yang ditemukan di dalam makam kuno di Luxor untuk mengungkapkan mumi wanita yang terawat baik yang mereka percayai berusia lebih dari 3.000 tahun.

Ia adalah salah satu dari dua peti mati terpisah yang ditemukan di dalam makam yang sama di nekropolis El-Asasef, yang terletak di Tepi Barat Sungai Nil di Mesir selatan. Meskipun pihak berwenang Mesir telah mengumumkan banyak penemuan tahun ini, tapi ini adalah pertama kalinya mereka membuka sarkopagus kuno di depan media internasional.


Para pejabat kementerian mengira wanita di dalam sarkopagus itu mungkin diberi nama Thuya, meskipun seorang juru bicara mengatakan mereka masih bekerja untuk mengidentifikasi mumi secara lebih lanjut Makam itu berasal dari kerajaan tengah Mesir, hampir 4.000 tahun yang lalu.

Para arkeolog mengidentifikasi mumi di dalam sarkopagus lainnya sebagai Thaw-Irkhet-if, seorang imam yang diketahui telah mengawasi pembalsaman beberapa firaun di Kuil Mut di Karnak.

"Satu sarkopagus adalah gaya rishi, yang berasal dari dinasti ke-17, sementara sarkopagus lainnya berasal dari dinasti ke-18," kata Menteri Purbakala Khaled Al Anani seperti dilansir dari history.com (07/12/2018).

Dinasti ke-18 Mesir Kuno sendiri berasal dari abad ke-13 SM, dan termasuk juga firaun yang dikenal seperti Tutankhamen dan Ramses II.

Meskipun sudah berusa 3000 tahun, kondisi mumi ini benar-benar di luar dugaan. Bahkan banyak orang menganggap jika kondisinya sempurna.

Sumber : ucBrowser