Pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur’an, Randudongkal, Pemalang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur’an, Randudongkal, Pemalang
Sumber Gambar: PPATQ Hidayatul Qur'an Randudongkal, Ilustrasi Laduni.ID

Profil
Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur’an didirikan dan diasuh oleh KH. Muhammad Fatkhul Munir dan Ibu Nyai Uswatun Khasanah, yang beralamat di Dukuh Jayim, Randudongkal, Pemalang.

Sejarah
Awal mula berdirinya pondok pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur’an ini pada tahun 2006, dan tidak serta merta atas keinginan dari pengasuh yaitu KH. Muhammad Fatkhul Munir dan Ibu Nyai Uswatun Khasanah melainkan dari dorongan guru-guru beliau selama di pondok dan juga dorongan dari masyarakat setempat.

Awal mula berdirinya pondok pesantren yaitu belum menjadi pondok melainkan TPQ dimana beliau KH. Muhammad Fatkhul Munir sebelumnya sudah mengajar mengajar anak-anak mengaji namun masih dihalaman masjid yang berada didekat pondok pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur’an dan tidak di pungut biaya sedikit pun, namun banyak usulan dari masyarakat untuk memberikan biaya tersebut. Dan setelah mendapatkan pemasukan dari masyarakat beliau memutuskan untuk mendirikan Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur’an ini.

Sebelum mendirikan pondok pesantren beliau sempat meminta izin ke beberapa kyai-kyai sepuh di desa Randudongkal terutama di Dukuh Jayim untuk meminta restu dan pendapat, dengan awal mula ada tanah wakaf amal jariyah dari Ibu Hj. Atun dari Pemalang.

Dan pondok pesantren ini bernama Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur’an ini Tabbarukan atau mengambil nama dari pondok nya KH. Muhammad Fatkhul Munir dan Ibu Nyai Hj. Uswatun Khasanah. Dan di pondok pesantren ini mempunyai guru spiritual Syekh Anwar Zuhri Rosyid dari Ketileng Semarang dan beliau juga merupakan salah satu yang melakukan peletakan batu pertama di pondok pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur’an.

Dulu di pondok pesantren ini baru mempunyai 9 santri dan di tempatkan di rumah KH. Muhammad Fatkhul Munir dan sekarang ada 420 yang terdiri dari 180 santri laki-laki dan 260 santri perempuan yang basicnya yaitu tahfidzul Qur’an namun tetap ada pelajaran kitab kuning dan wustho.

Seiring berjalannya waktu pondok pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur’an ini menjadi yayasan, karena sudah membuka pendidikan formal yang salah satunya adalah Roudhotul Atfal Al Hidayah karena dibawah pimpinan kementrian agama. Tahun ini akan dibuka unit baru yaitu pondok pesantren anak-anak tahfidzul Qur’an Hidayatul Qur’an yang berlokasi di desa Clebak Kecamatan Randudongkal dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Hidayatul Qur’an.

Pendiri:
1. KH. M Fatkhul Munir S.Pd.I

Pengasuh
1. KH. M Fatkhul Munir S.Pd.I
2. Nyai Hj. Ustawatun Khasanah

Visi Misi
Visi

Visi Mencetak generasi muda yang Qur’any dan berakhalakul karimah

Misi
1. Mengaktualisasikan Akidah Ahlus Sunnah Wal Jamaah,
2. Mendidik Santri Agar Lebih Bertakwa Kepada Allah Swt,
3. Mengimplementasikan Al Qur‟an Dalam Kehidupan Sehari-hari.

Pendidikan:
Pendidikan Non Formal

  1. Madrasah Diniyah
  2. Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ)
  3. Majelis Taklim

Ekstrakulikuler

  1. Tahfidzul Qur'an
  2. Tahsinul Qur'an
  3. Kajian kitab kuning
  4. Hadrah
  5. Tahlilan dan Yasinan
  6. Barjanzi
  7. Qiroah
  8. Olah Raga
  9. Ziarah

Fasilitas
Sarana dan prasarana Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur’an

  1. Jumlah gedung: 5
  2. Jumlah ruangan: 56
  3. Ruangan untuk santri laki- laki: 7
  4. Ruangan untuk santri perempuan: 16
  5. Ruangan Mck : 32
  6. Ruangan mushola : 1

Alamat
Jl. Beringin Indah RT 58 RW 06 Dk. Syukria Desa Randudongkal, Pemalang, Indonesia, Central Java.
Email: ppatqhq@gmail.com
IG: santripprthq
Facebook: PPATQ Hidayatul Qur’an Randudongkal

Kunjungi Juga:

Referensi

  1. PPATQ Hidayatul Qur’an Randudongkal,
     
  2. Puput Anggita Putri. 2020 Aktivitas Dakwah di Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur’an di Dukuh Jayim Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang dalam membentuk kepribadian santri,
 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.