Info Harian Laduni.ID: 4 Maret 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 4 Maret 2024

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Senin, 4 Maret 2024 bertepatan dengan hari lahir Nyai Hj. Lily Chodidjah Wahid dan hari wafat KH. Abdul Rasyid Ramli.

Nyai Hj. Lily Chodidjah Wahid
Nyai Hj. Lily Chodidjah Wahid atau yang akrab dengan sapaan Nyai Lily Wahid ini adalah adalah adik kandung Gus Dur. Beliau lahir di Jombang, pada tanggal 4 Maret 1948.

Nyai Hj. Lily Chodidjah Wahid wafat pada 9 Mei 2022, Nyai Lily wafat di Rumah Sakit Cjipto Mangunkusumo atau RSCM Jakarta Pusat. Dan jenazah akan dimakamkan di kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, pada hari Selasa 10 Mei 2022.

Usianya baru lima tahun ketika sang ayah pergi wafat meninggalkannya. Setelah itu beliau bersama empat kakaknya, beliau diasuh oleh ibunya yang sedang mengandung. Ibu dan kakaknya berjasa besar dalam menanamkan ajaran agama padanya.

Setiap hari beliau dan kakak-kakaknya diajari ibunya membaca Al-Qur'an dan pelajaran agama lainnya. Terkadang KH. Bisri Syansuri yang merupakan kakek dari pihak ibunya datang berkunjung dan mengajari mereka membaca Al-Qur'an, yang mana beliau sangat memperhatikan tajwid dalam melafalkan bacaan-bacaan Al-Qur'an.

Simak biografi lengkap Nyai Hj. Lily Chodidjah Wahid
Simak chart silsilah sanad ilmu Nyai Hj. Lily Chodidjah Wahid

KH. Abdul Rasyid Ramli
KH. Abdul Rasyid Ramli lahir pada tahun 1922 di Kampung Mangga, Tanjung Priok. Beliau merupakan putra dari pasangan H. Ramli bin H. Sa`inan dan Hj. Jahariah binti H. Jahari (dikenal dengan nama Guru Ja`ang).

KH. Abdul Rasyid Ramli wafat di kediamannya di Kampung Mangga, Tugu Selatan, Jakarta Utara pada hari Sabtu jam 21.05 WIB, tanggal 5 Safar 1427 H atau bertepatan dengan tanggal 4 Maret 2006 di usia 84 tahun dengan meninggalkan seorang istri,  6 orang anak,16 cucu dan 3 cicit.

Di masa kecil, orangtuanya menyerahkan Kyai Rasyid kecil kepada Tuan Guru Nausin untuk mengaji sampai usia baligh. Selesai mengaji dari Tuan Guru Nausin, beliau melanjutkan mengaji sekaligus mondok di Madrasah Islam Wal Ihsan yang dipimpin dan diasuh oleh KH. Abdul Salam bin H. Hasni yang dikenal oleh masyarakat Betawi dengan nama panggilan Guru Salam Rawa Bangke (kini Rawa Bunga), Jatinegara selama 6 tahun.

Selain mencintai ilmu, KH. Abdul Rasyid Ramli peduli akan pendidikan untuk generasi penerus. Di saat mudanya, beliau mulai membuka madrasah yang diberi nama sama seperti yang dimiliki oleh Guru Salam, yaitu Madarasah Islam Wal Ihsan.

KH. Abdul Rasyid Ramli membimbing dan mengasuh majelis taklim untuk kaum ibu dan bapak yang semuanya berjumlah 20 buah dan tersebar di wilayah Tanjung Priok. Kemudian, beliau mewakafkan tanahnya seluas 5000 M2 untuk pendidikan formal dengan badan hukum yayasan yang bernama Yayasan Ar-Rasyidiyyah yang resmi berdiri pada tahun 1976 di Daerah Kampung Mangga, Tugu Selatan, Jakarta Utara.

Simak biografi lengkap KH. Abdul Rasyid Ramli
Simak chart silsilah sanad ilmu KH. Abdul Rasyid Ramli

Mari kita sejenak mendoakan beliau, semoga apa yang beliau kerjakan menjadi amal baik yang tak akan pernah terputus dan Allah senantiasa mencurahkan Rahmat-Nya kepada beliau.

Semoga kita sebagai murid, santri, dan muhibbin beliau mendapat keberkahan dari semua yang beliau tinggalkan.