Info Harian Laduni.ID: 5 April 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 5 April 2024

Laduni.ID, Jakarta - Hari ini Jum’at, 5 April 2024 bertepatan dengan hari lahir KH. Abdul Hadi Zahid dan KH. Zainal Ali Suyuti.

KH. Abdul Hadi Zahid
KH. Abdul Hadi Zahid, lahir pada 17 Rabiul Awal 1309 H/18 Oktober 1981 di Desa Kauman, Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan. Beliau adalah putra pertama dari KH. Zahid dan Nyai Alimah serta menantu dari KH. Ahmad Khozin. Selain itu, beliau adalah pengasuh Pondok Pesantren Langitan generasi keempat.

KH. Abdul Hadi Zahid, wafat pada tanggal 9 Shofar 1391 H/5 April 1971 M. Beliau mengasuh Pondok Pesantren Langitan selama 50 tahun (1921-1971 M), menjadi panutan bagi santri dan masyarakat sekitar.

Sejak berusia sebelas tahun, KH. Abdul Hadi Zahid memulai pendidikannya dengan belajar di Pondok Pesantren Langitanhingga usia sembilan belas tahun, dan atas saran KH. Muhammad Khozin beliau melanjutkan studi di Pesantren Kademangan Bangkalan Madura di bawah asuhan Syikhona Kholil selama tiga tahun.

Pada usia yang relatif muda sekitar 30 tahun, KH. Abdul Hadi Zahid sudah menerima tugas berat sebagai pengasuh Pondok Pesantren Langitan.Namun meskipun begitu, di bawah asuhannya Pondok Pesantren Langitan saat itu mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Terbukti mulai periode ini (tahun 1949 M) mulai dikembangkan sistem pengajaran klasikal yang dahulu belum dikenal, dengan cara mendirikan madrasah ibtida’iyah dan madrasah muallimin serta kegiatan ekstra kurikuler seperti bahsul masail lil waqiah, jamiyatul muballighin, jamiyatul qurro wal khuffadz dan lain-lain.

Simak biografi lengkapnya di: KH. Abdul Hadi Zahid
Simak chart silsilah sanad ilmu KH. Abdul Hadi Zahid

KH. Zainal Ali Suyuti
KH. Zainal Ali Suyuti lahir pada tahun 1960, di Pamekasan, Madura. Dan KH. Zainal Ali Suyuti wafat pada hari Selasa, 5 April 2011 bertepatan dengan 1 Jumadil Ula 1433 sekitar jam 06.30 pagi dalam perjalanan dari RSI Gondanglegi menuju RSI Aisyiah Malang dalam usia 51 tahun (1960-2011).

KH. Zainal Ali Suyuti muda mulai pendidikan ilmu Agamanya di Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar dibawah asuhan KH. Abdul Hamid Baqir bin KH. Abdul Majid, lalu berlanjut ke KH. Muhammad Syamsul Arifin. Pengembaraan ilmu beliau lanjutkan sambil menunaikan ibadah haji beliau berguru kepada Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki, Makkah Al-Mukarramah, Syaikh Ismail Al-Yamani, Makkah Al-Mukarramah,  Syaikh Al-Harawi, Jeddah, Arab Saudi.

KH. Zainal Ali Suyuti, sosok sederhana yang memiliki banyak teman dan jarang memiliki musuh. Kesederhanaannya tercermin dalam sikap tawadhu' dan penghormatan terhadap kehendak orang lain. Meskipun ekonominya mencukupi, beliau tetap hidup dengan sederhana dan dermawan, membantu fakir miskin dan membangun pesantren Al-Khoirot tanpa meminta bantuan.

KH. Zainal Ali Suyuti mengasuh pondok Pesantren Al-Khoirot pada tahun 1993, sejak wafatnya ayah mertua KH. Syuhud Zayadi. KH. Syuhud Zayadi adalah pengasuh pertama dan sekaligus pendiri Pondok Pesantren Al-khoirot, Malang.

Simak biografi lengkapnya di: KH. Zainal Ali Suyuti
Simak chart silsilah sanad ilmu KH. Zainal Ali Suyuti

Mari kita sejenak mendoakan beliau, semoga apa yang beliau kerjakan menjadi amal baik yang tak akan pernah terputus dan Allah senantiasa mencurahkan Rahmat-Nya kepada beliau.

Semoga kita sebagai murid, santri, dan muhibbin beliau mendapat keberkahan dari semua yang beliau tinggalkan.