Ziarah di Makam Syekh Muda Waly Al Khalidy, Ulama 'Arif Billah

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam Syekh Muda Waly Al Khalidy, Ulama 'Arif Billah

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Syekh Muda Waly Al khalidy beliau adalah ulama besar dari Aceh, jasanya sangat beliau adalah pencetak ulama-ulama besar yang tersebar di Indonesia maupun di luar negeri.

Profil
Syekh Muda Waly Al khalidy dilahirkan di Desa Blang poroh, kecamatan Labuhan Haji, kabupaten Aceh Selatan,pada tahun 1917. Beliau adalah putra bungsu dari Syekh H.Muhammad Salim bin Malin Palito.

Guru-guru beliau di antaranya:

  1. Tengku Muhammad Ali
  2. Syekh Teuku Mahmud
  3. Teungku Haji Hasan Krueng Kale
  4. Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki

Untuk kelanjutannya tentang Profil beliau silahkan baca di Biografi Syekh Muda Waly Al khalidy

Lokasi Makam
Makam Syekh Muda Waly Al khalidy berada di komplek pemakaman Pesantren Darussalam, Desa Blang Poroh, Kecamatan Labuhan Haji Barat, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh.

Haul
Haul Syekh Muda Waly Al khalidy diperingati di akhir bulan Syawal, Haul diperingati di mesjid Abuya Syekh Muhammad Waly Al-Khalidy, mesjid ini masih berada di lingkungan pesantren Darussalam, Desa Blang Poroh, Kecamatan Labuhan Haji Barat, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh.

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani
1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah
Makam Syekh Muda Waly Al khalidy banyak dikunjungi para peziarah. Tak hanya datang dari wilayah Aceh Selatan saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Aceh. MakamSyekh Muda Waly Al khalidy yang terletak di Desa Blang Poroh, Kecamatan Labuhan Haji Barat, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh.

Ada keyakinan dari peziarah yang datang ke sana bahwa dengan berziarah dan berdoa di makam Syekh Muda Waly Al khalidy, maka segala hajatnya pasti akan terkabul. Bahkan bagi beberapa kalangan, mereka meyakini bahwa karomah dari Syekh Jumadil Kubro bisa meningkatkan derajat, diberi kemudahan dalam belajar ilmu. Diberi kemudahan dalam mendapatkan keturunan anak yang sholeh dan sholehah.

Oleh-oleh
Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Mojokerto di antaranya:
Kopi Aceh, Kue Bhoi, Songket Aceh, Bakpia Aceh, Kupiah Riman, Sulam Kasab, Kue Adee Meureudu, Batik Aceh, Kembang Loyang, Kue Keukarah, Dendeng Aceh