Mulai dari Wakil Bupati hingga Jagung Bakar asal Pidie Sambil Menanti Kemajuan Kota Juang

 
Mulai dari Wakil Bupati hingga Jagung Bakar asal Pidie Sambil Menanti Kemajuan Kota Juang

 

LADUNI.ID,KOLOM– Kota Bireuen merupakan kota perdagangan yang dihuni oleh banyak komunitas bahkan kaum pendatang dari negeri barat atau sering populer dengan sebutan Cina Hitam menjadi “Penguasa” Di negeri yang terkenal dengan sebutan Kota Juang.

Bukan hanya Di bidang perdagangan bahkan pemerintahan juga mereka “kuasai”, banyak keturunan negeri Teungku Chiek Di Tiro memegang peranan penting disana, salah satunnya wakil bupati Bireuen putra Kembang Tanjung dan masih banyak lainnya yang tidak mungkin disebutkan satu persatu.

Kita tinggalkan sejenak fenomena pusat kotanya yang juga tekenal Di daerah tersebut salah satu kota yang terdapat banyak kuliner dengan ciri khas nya masing masing,seperti,Sate Matang salah satu contohnya.

Nama besar Sate Matang di kenal dengan rasa nya yang khas,dan berbeda dengan sate lain nya. Sate Matang berasal dari kota Bireuen juga tepatnya  Matang Glumpang Dua. Ini wajah tasmiahnya Sate Matang sehingga di namai dengan Sate Matang.

Salah satu potret lainnya yang menjadi ciri khas kuliner disana selain Sate Matang,j agung bakar yang dijual di sepanjang jalan nasional Banda Aceh -Medan, baik kawasan Pulo Lawang dan sekitarnya yang juga menjadi salah satu daya tarik kota Bireuen.

Kini terlihat sudah banyak jambo kecil tempat menjual jangung tersebut sudah kosong dan nampak sudah Lama ditinggalkan pemiliknya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN