Pesantren Al-Barokah Kawunganten Cilacap

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al-Barokah Kawunganten Cilacap

Profil

Pondok Pesantren Al-Barokah adalah pondok pesantren salafiyyah yang didirikan oleh Syech Mas'ud pada tahun 1963, seorang ulama yang sangat menguasai ilmu fiqih. Tujuan pendirian pesantren ini adalah untuk memajukan agama islam lewat pendidikan agama khususnya Fiqh di daerah Cilacap, terutama Kawunganten.

Pesantren masih memakai pengajaran sistem tradisional dengan kurikulum diniah dan pembelajaran kitab-kitab tradisional. Pesantren Al-Barokah beralamat di Panjatan, Kawunganten Lor, Kec. Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Beliau memulai peranannya dalam dunia pendidikan dengan mendirikan Madrasah Wajib Belajar pada tahun 1996 yang kemudian berubah menjadi MI Sultan Agung, kemudian mendirikan PGA pada  tahun 1969  M dan PGA ini berubah menjadi SMP Sultan Agung pada tahun 1977 M. Beliau juga turut berpartisipasi dalam pendirian SMA Ahmad Yani. Selain itu ia mendirikan pesantren sebagai tempat pembelajaran agama Islam bagi santri.

Untuk membina masyarakat dalam bidang keagaamaan, beliau mendirikan jamaah pengajian rutin setiap hari Minggu yang ia namakan jamaah pengajian Nurul Huda. Melalui majlis ini, ia membina masyarakat dengan  aqidah,  hukum (fiqh), dan akhlak. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat memiliki keimanan yang kuat, faham akan aturan-aturan Islam dan memiliki  budi  pekerti luhur.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya