KH Ma'ruf Amin Pendekar Silat, Jawara Betawi Dukung Jokowi

 
KH Ma'ruf Amin Pendekar Silat, Jawara Betawi Dukung Jokowi

LADUNI.id, Jakarta - Puluhan pendekar silat Betawi yang tergabung dalam Forum Ulama dan Jawara Betawi  mengajak seluruh pendekar silat mendukung pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Pimpinan perguruan silat Misar Siban sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Cipete, Jakarta Selatan, Muhyiddin Ishaq mengklaim Ma'ruf Amin tidak hanya dikenal sebagai figur ulama, tetapi juga punya sejarah kuat dengan pencak silat dan kejawaraan di Banten.

"Sebagai putra Banten, Kiai Ma'ruf semasa muda juga menguasai silat dan turut melestarikan pencak silat di Nusantara," kata Muhyiddin seperti dilaporkan Antara, Rabu (6/3).

Muhyiddin mengatakan sangat wajar dan wajib hukumnya para jawara, pendekar, dan pesilat untuk mendukung Jokowi-Ma'ruf.

"Kita pendekar harus memenangkan Kiai Ma'ruf. Alasannya jelas, Kiai Ma'ruf adalah ulama mumpuni. Sanad dan nasabnya jelas dari para ulama besar nusantara dan beliau juga pendekar, jawara dari Banten," ujarnya. 

Hadir bersama Muhyiddin, Ormas Kembang Latar, dan puluhan ulama serta jawara Betawi. Sebelumnya jawara Banten dan Jawa Barat, serta Organisasi Pencak Silat Pagar Nusa juga telah menyatakan dukungannya kepada Jokowi-Ma'ruf.

Menurut Muhyiddin, budaya mendalami agama dan beladiri silat ini biasa dilakukan putera Betawi, putera Pasundan, putera Minang dan daerah-daerah lain di nusantara.

"Kalau Jawara Banten, Jawara Pasundan, Pagar Nusa sudah lebih dulu mendukung kiai Ma'ruf. Sekarang giliran para pendekar Betawi," jelas Muhyiddin. (*)

Sumber : Antara dan CNN Indonesia