Tegaskan Bisa Halangi Ekspor Minyak Iran, Ini Penjelasan Netanyahu

 
Tegaskan Bisa Halangi Ekspor Minyak Iran, Ini Penjelasan Netanyahu

LADUNI.ID, Jakarta - Dikenal kerap melebih-lebihkan kemampuan militer rezimnya, Perdana menteri Israel mengklaim bahwa dia bisa mengusik ekspor minyak Iran.

Rabu (6/3), Benyamin Netanyahu mengaku, Israel dengan angkatan lautnya bisa menghalangi upaya Iran untuk menghindari embargo minyak.

Hal ini seperti dilansir dari Reuters bahwa, Netanyahu di hadapan para perwira angkatan laut Rezim Zionis mengatakan, Iran masih menggunakan cara-cara tersembunyi untuk menjual minyaknya kepada konsumen.

Menurutnya, cara-cara ini kerap digunakan Iran pada periode sebelum dijalinnya kesepakatan nuklir (JCPOA) pada 2015 lalu.

“Iran berusaha mengelabui embargo dengan menyelundupkan minyak dari jalur laut. Selama upaya Iran ini terus berlanjut, angkatan laut (Israel) akan memiliki peran lebih penting dalam menghalangi tindakan Iran,” terang Netanyahu.

Sementara itu, di bagian lain pidatonya, perdana menteri Israel mengatakan,”Saya meminta dari semua komunitas internasional untuk menghalangi upaya Iran menghindari sanksi, baik melalui laut atau jalur lainnya.”