Benda Berkarat Bukanlah Satu-satunya Sarang Bakteri Tetanus

 
Benda Berkarat Bukanlah Satu-satunya Sarang Bakteri Tetanus

LADUNI.ID, Jakarta - Hampir setiap orang menganggap bahwa penyakit tetanus, disebabkan oleh benda-benda berkarat. akan tetapi, tidak semua penyakit tetanus disebabkan oleh benda ini.
Tetanus merupakan infeksi serius yang disebabkan oleh bakteri Clostridium Tetani. Bakteri ini ditemukan di seluruh lingkungan kita, berdiam di tempat-tempat seperti tanah, debu dan kotoran.

Selain itu, penyakit tetanus juga dikenal dengan istilah lockjaw. Penyakit ini dapat menginfeksi sistem urat saraf dan juga otot sehingga mengakibatkan saraf dan juga otot menjadi kaku yang diakibatkan oleh  racun yang tersebar dalam jaringan sistem saraf.

Seorang dokter spesialis penyakit menular dari Vanderbilt University, Amerika, Dr William Schaffner, mengatakan bakteri tersebut dapat menginfeksi tubuh melalui luka terbuka, khususnya luka yang dalam.

Jadi, secara garis besar, benda apa pun berkarat atau tidak, jika menembus kulit dan menimbulkan lubang atau luka yang memungkinkan bakteri masuk ke dalam tubuh, maka akan menyebabkan terjadinya tetanus.