Sejumlah Makanan yang Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil Muda

 
Sejumlah Makanan yang Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil Muda

LADUNI.ID | -  Setiap ibu pasti mengharapkan janin yang sehat di rahimnya. Pilihan makanan yang baik sangat menentukan tumbuh kembang janin. Sebab jika tidak, akan beresiko tidak baik bagi janin yang di kandungnya.

Ibu hamil muda sangat membutuhkan asupan makanan yang sehat dan bernutrisi. Dikarenakan pada usia ini rentan mengalami keguguran. Selain itu gangguan yang seringkali terjadi pada ibu hamil di trimester pertama adalah mual, muntah hingga kehilangan nafsu makan yang mengakibatkan lemas dan tidak berenergi.

Pada usia kehamilan trimester pertama sangat penting untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral sehingga janin dapat berkembang dengan baik. Vitamin dan mineral tersebut dapat diperoleh dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.  

Sering terjadi kesalahan asumsi pada ibu hamil bahwasanya ibu hamil harus mengkonsumsi makanan dua kali porsi biasanya. padahal asumsi tersebut salah. Karena kebutuhan janin di dalam rahim tidak sama dengan kebutuhan orang dewasa. Seharusnya ibu hamil harus memperhatikan   kualitas dari makanan yang anda konsumsi. Dimana semua kandungan gizi seperti karbohidrat, vitamin, protein, mineral terpenuhi dengan benar.

Pengaturan makanan yang anda konsumsi harus tepat sasaran yaitu disesuaikan dengan perkembangan usia kehamilan. Terlebih bagi awal kehamilan dimana perubahan hormonal dapat meningkatkan sensitivitas yang mempengaruhi ibu hamil muda.

Usia kehamilan pada trimester pertama harus sangat baik diperhatikan, karena pada fase ini merupakan awal-awal pertumbuhan janin dan pembentukan organ. Makanan yang perlu dihindari pada fase ini adalah makanan cepat saji (junk food), makanan yang mengandung gula berlebih, makanan pedas dan berlemak dan makanan yang mengandung zat-zat kimia berbahaya (pengawet).