Ustaz Ma'ruf Khozin : Mendidik Anak dalam al-Qur'an

 
Ustaz Ma'ruf Khozin : Mendidik Anak dalam al-Qur'an

LADUNI.ID - Allah menjelaskan dalam Al-Qur'an tentang mendidik anak melalui kisah Luqman Al-Hakim:

1. Pendidikan Aqidah

(QS Luqman: 13) - "Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar".

2. Berbakti Kepada Orang Tua

(QS Luqman: 14) - "Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu."

3. Pendidikan Ibadah

(QS Luqman: 17) - "Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah)."

4. Pendidikan Akhlak, Etika

(QS Luqman 18-19) "Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai."