Pesan Mbah Wahab tentang Dua Golongan Manusia

 
Pesan Mbah Wahab tentang Dua Golongan Manusia
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - KH. Abdul Wahab Chasbullah, Pahlawan Nasional dan Pendiri Nahdlatul Ulama pernah berpesan, bahwa manusia dalam menghadapi kesulitan hidup itu dibagi menjadi dua golongan.

Golongan yang yang pertama adalah golongan yang putus harapan. Golongan ini menggambarkan keburukan yang berada di hadapannya. Karena itu selalu takut berbuat sesuatu. Yang ada malah tiada habisnya berkeluh kesah sekalipun tenggelam dalam kenikmatan dunia.

Sementara golongan yang kedua adalah golongan yang berharap baik. Golongan ini memandang hari depan dengan penuh kepercayaan dan ketenangan hati. Karena itu berjalan terus dalam karya, dan hidupnya bersandarkan kepada ketabahan dan ketetapan hati. Tidak pula kehilangan pegangan apabila kebahagiaannya menjadi lenyap.

Pesan ini selalu menjadi pengingat bagi para santri dan kader NU di manapun berada. KH. Abdul Wahab Chasbullah mempunyai semangat yang sangat tinggi dalam mengawal keberlangsungan kemaslahatan umat Islam dan bangsa Indonesia secara umum. Selalu mempunyai pandangan yang positif dan percaya diri. Maka tak ayal, jika beliau menjadi salah satu Pahlawan Nasional.

Bagi Mbah Wahab, umat Islam harus mempunyai semangat juang yang tinggi dalam menebarkan kebaikan. Tidak boleh berputus asa dan selalu mempunyai harapan baik di manapun dan kapanpun. Karena itu, umat Islam harus menjadi golongan manusia yang memandang hari depan dengan penuh kepercayaan dan ketenangan hati yang bergantung kepada prasangka baik selalu kepada Allah SWT. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 03 Maret 2019. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Editor: Hakim