Ekonomi Digital AS Diungguli Facebook, Amazon dan Google

 
Ekonomi Digital AS Diungguli Facebook, Amazon dan Google

LADUNI.ID, New York - Perusahaan Facebook, Amazon dan Google diketahui mengungguli ekonomi digital Amerika Serikat. Saat ini, keuntungan besar masuk ke rekening perusahaan di atas. Diketahui bahwa sekitar 6,9% dari produk domestik bruto (PDB) Amerika Serikat (AS) atau sebesar USD 1,35 triliun (Rp19.358 triliun) pada 2017 merupakan potensi bisnis dalam ekonomi digital AS.

Menurut data eMarker, Sekitar 37,7% e-commerce dikuasai Amazon, Sementara Google paling unggul dalam iklan digital yaitu sebesar 37,2%. Sedangkan Facebook hampir sepenuhnya menguasai iklan media sosial. Tiga perusahaan di atas merupakan perusahaan teknologi canggih yang memegang peran penting dalam pasar tertentu ekonomi online di Amerika Serikat. Hal ini seperti dikutip dari Business Insider.

Selain dari sumber di atas, Google dan Amazon juga meraup keuntungan dari pelanggan yang menonton video streaming di televisi melalui mereka. Hal ini menarik perhatian Senator Elizabeth Warren sehingga ia mengungkapkan agar ekonomi digital di AS tidak dimonopoli.

Kemudian, Saloni Sharma, Perwakilan Warren juga mengungkapkan bahwa generasi baru dapat dikhawatirkan akibat perkembangan dari perusahaan teknologi sekarang. Sehingga ia memperingati perusahaan-perusahaan tersebut. Sharma mengatakan “Dewasa ini perusahaan teknologi raksasa mempunyai kekuasaan yang terlalu dominan.”