Biografi Ummu Kultsum binti Muhammad SAW

 
Biografi Ummu Kultsum binti Muhammad SAW
Sumber Gambar: Ilustrasi (foto istimewa)

Daftar isi Biografi Ummu Kultsum binti Muhammad SAW

1.         Riwayat Hidup
1.1       Lahir
1.2       Wafat

2.         Kisah-kisah
2.1       Pernikahan
2.2       Ruqayyah dan Ummu Kultsum

3.         Chart Silsilah
3.1       Chart Nasab Orang Tua

4.         Referensi

Ummu Kultsum adalah putrid Nabi Muhammad SAW dari istri Khadijah binti Khuwailid. Beliau merupakan adik dari Ruqayyah dan Zainab.

1.         Riwayat Hidup
1.1       Lahir

Ummu Kultsum lahir di Mekkah pada tahun 19 sebelum Hiriyah atau sekitar tahun 604 Masehi sebelum diutusnya kenabian Muhammad SAW.

1.2       Wafat

Ummu Kultsum meninggal dunia pada bulan Sya’ban tahun ke-9 Hijriyah. Rasulullah berkata, ‘Seandainya aku mempunyai sepuluh orang putri, maka aku akan tetap menikahkan mereka dengan Utsman.’ Ummu Kultsum adaiah seorang wanita yang cantik. la senang memakai jubah sutra yang bergaris. Pada hari wafatnya, jenazahnya telah dimandikan oleh Asma’ binti Umais dan Shafiah binti Abdul Muthalib jenazahnya ditempatkan di atas sebuah keranda yang terbuat dari batang polgon palem yang baru dipotong. Dan pada saat penguburannya, Rasulullah duduk di dekat kuburan Ummu Kultsum dengan berlinangan air mata. Beliau berkata, siapa di antara kalian yang tidak bercampur dengan istrinya tadi malam?’ Abu Thalhah RA berkata, ‘Aku, ya Rasulullah ‘ lalu Beliau menyuruhnya, “Turunlah kamu.” Maka Abu Thalhah turun dan menguburkan Ummu Kultsum.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya