Jamaah Calon Haji Aceh Kloter 1 Laksanakan Umrah Wajib

 
Jamaah Calon Haji Aceh Kloter 1 Laksanakan Umrah Wajib

LADUNI.ID, Makkah - Jamaah Calon Haji (JCH) Aceh yang tergabung dalam Kloter 1, sudah tiba di tanah suci, Makkah Al Mukarramah sejak tadi malam, Sabtu (20/7) dan saat ini mereka juga telah selesai melaksnakan Umrah Wajib.

"Alhamdulillah Jamaah calon Haji Aceh termasuk petugas kloter sudah melaksanakan umrah wajib, mulai dari Tawaf sampai dengan tahallul," ujar Muhammad Nasril, Humas PPIH embarkasi Aceh, Minggu (21/7).

Ia menjelaskan setelah tiba di Makkah, wilayah Sisyah tempat JCH Aceh menetap selama di Mekkah sekitar pukul 21.30 WAS, tidak langsung berumrah, tapi para jamaah terlebih dulu menerima pembagian kamar, pengurusan koper dan kemudian istirahat sejenak sebelum ke Masjidil haram.

"Sejak dini hari tadi, mulai pukul 02.00 jamaah diarahkan untuk menjalankan umrah wajib yang dibagi 2 gelombang dengan menggunakan bus Shalawat. Sedangkan bagi jamaah lansia melaksanakan umrah setelah subuh, karena disarankan untuk istirahat terlebih dahulu sebelum mulai berumrah," jelas Nasril usai menerima laporan Petugas Kloter BTJ 01.

"Juga Ada 4 jamaah  menggunakan kursi roda, alhamdulillah semuanya lancar dibantu petugas dan panitia disana, kita juga menunggu laporan terkini dari petugas kloter 1, mudah mudahan semua CJH Aceh sudah melaksanakan umrah wajib,"tambahnya.

Sementara Petugas Kesehatan yang mendampingi jamaah BTJ 01, Dokter M. Aditya, kepada PPIH embarkasi Aceh bahwa sampai saat ini kondisi kesehatan JCH BTJ 01 dalam keadaan sehat.

"Secara umum Alhamdulillah kondisi kesehatan jamaah masih terbilang cukup fit untuk beribadah di tanah suci, tapi jamaah terlihat sedikit kelelahan karena perjalanan jauh dan juga masih kurang istirahat. Untuk Pelayanan di posko kesehatan masih terbilang sepi. Namun visitasi keruangan terus dilakukan untuk memantau pasien resti," ujar Dokter Aditya melalui pesan whatsapp kepada PPIH embarkasi Aceh.

Ia juga menambahkan, saat ini jamaah sudah berada kembali di hotel, pihaknya juga sedang memvisitasi jamaah sekalian mengecek pelaksanaan ibadah umrah JCH Aceh.

"Alhamdulillah jamaah BTJ-01 cukup patuh terhadap program kegiatan yang telah disusun di kloter,Semua pihak yg terlibat di Arab Saudi ini kami rasakan sangat membantu sekali. Mudah2an kerjasama yg baik ini terus terjaga,"tambah Dokter Aditya.

Sebelumnya diberitakan Sebanyak 393 Jamaah Calon Haji  (JCH) embarkasi Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 1 telah mendarat di Arab Saudi pada pukul 17:00 waktu Arab Saudi (WAS) atau sekitar pukul 21:00 Wib melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, Sabtu (20/7). []