Affan Mahasiswa UGM Ubah Limbah Anorganik Jadi Bahan Bakar

 
Affan Mahasiswa UGM Ubah Limbah Anorganik Jadi Bahan Bakar

LADUNI.ID, Jakarta -  Alat yang terbuat dari pipa berbahan stainless steel yang terhubung dengan tabung kedap udara bertekanan tinggi mampu mengubah limbah anorganik menjadi bahan bakar bio oil dan biogas, alat ini  berupa furnace atau pemanas  dan diberi  nama AL-Production, cara kerjanya, sampah plastik ke dalam tabung vakum kemudian tabung dipanaskan hingga 450-550 derajat celcius. Selang 30 menit setelahnya akan keluar tetesan minyak dari pipa.

AL-Production diciptakan oleh Mahasiswa D3 Teknik Mesin dari Sekolah Vokasi UGM, Yanditya Affan Almada dibantu oleh Refandy Dwi Darmawan, mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM.

"Kami (berhasil) mengembangkan teknologi yang mampu mengubah sampah anorganik seperti plastik menjadi bahan bakar melalui proses pirolisis," kata Affan, sapaan Yanditya Affan Almada, Rabu (31/7/2019).

Sumber energi pemanasnya menggunakan energi listrik. Alat itu bekerja dengan mekanisme pirolisis dan teknik destilasi. Pirolisis merupakan suatu proses memanaskan plastik tanpa oksigen dalam temperatur tertentu.

"Awalnya kami kembangkan dengan menggunakan sumber energi api, tapi hasilnya kurang bagus karena suhu yang dihasilkan tidak bisa dikontrol. Lalu kita ubah dengan energi listrik dan hasilnya lebih optimal," ungkap mahasiswa asal Bantul itu.

Menurutnya alat tersebut sudah dikembangkan sejak ia duduk di bangku SMA 1 Jetis, Kabupaten Bantul, pada tahun 2015 silam. Ketertarikannya dengan pirolisis berawal saat dirinya mengikuti lomba karya tulis ilmiah di bangku sekolah dan kini sudah ada 6 alat pemanas yang dibuat Affan. Produksi pertama berukuran kecil dengan kapasitas dua-tiga liter yang dibuat tahun 2017 dan dijual dengan harga Rp 20 juta. Affan juga pernah membuat alat berkapasitas 10 liter seharga Rp 35 juta.

"Di luar negeri juga sudah ada alat pemanas, tapi hanya untuk memanaskan saja atau uji material. Kalau alat kami ini dilengkapi destilator sehingga bisa digunakan untuk proses pirolisis yang mengubah sampah plastik jadi bahan bakar," pungkas dia.

 

Sumber: detik.com