Pembaharuan adalah Niscaya

 
Pembaharuan adalah Niscaya

LADUNI.ID - Hari ini, 1 Muharram, kaum muslim di dunia menyambut tahun baru. Lalu "apa yang sepatutnya dilakukan mereka untuk menyambut dan menjalani esok dan esok", kataku. Syamsi Tabrizi memberikan saran penting kepada mereka:

ليس من المتأخر مطلقًا أن تسأل نفسك، هل أنا مستعد لتغيير الحياة التي أحياها؟ هل أنا مستعد لتغيير نفسي من الداخل؟ وحتى ولو كان قد تبقى من حياتك يوم واحد يشبه اليوم الذي سبقه، ففي كل لحظة ومع كل نفس جديد، يجب على المرء أن يتجدد ويتجدد ثانية. ولا توجد إلا وسيلة واحدة حتى يولد المرء في حياة جديدة وهي أن يموت قبل الموت.

"Sama sekali, tak ada kata terlambat untuk bertanya pada diri, “Apakah aku siap untuk mengubah hidup yang aku jalani saat ini? Apakah aku siap untuk mengubah diriku?”, bahkan meski hidupmu hanya tinggal satu hari. Pada setiap detik dan setiap embusan nafas, seseorang hendaknya memperbarui dan memperbarui lagi. Hanya ada satu cara untuk lahir ke sebuah kehidupan baru: mati sebelum kematian".

Aku telah lama menyimpan kata-kata : "konservatisme radikal akan dan pasti ditinggalkan sejarah dan dalam waktu yang sama sangat potensial menciptakan ledakan-ledakan emosional dan sosial".

Oleh: KH Husein Muhammad