Usaha Keras Antarkan Indonesia Juara Dunia MTQ Internasional 2019

 
Usaha Keras Antarkan Indonesia Juara Dunia MTQ Internasional 2019

LADUNI.ID, Jakarta - Torehan prestasi yang diraih Indonesia dalam ajang Musabaqah Tilawah Al-Qur'an (MTQ) Intenasional yang diselenggarakan oleh Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir bekerja sama dengan The World Association for Al-Azhar Graduates (WAAG), KBRI Cairo dan Dewan Masjid Indonesia (DMI), bukan tanpa usaha. Proses panjang dan tidak mudah berhasil dilalui oleh para peserta. Hal ini tidak lepas dari upaya yang dilakukan dalam acara MTQ Nasional yang digelar pada pertengahan Maret silam.

Pada babak final dalam ajang MTQ Internasional yang diselenggarakan pada Sabtu (27/4) di Auditorium Shaikh Zayed Center Nasr City Kairo sejak pukul 11.00 waktu lokal Kairo ini telah menyisakan 12 peserta dari total 55 peserta yang berasal dari 20 Negara.

Setelah melalui babak penilaian, baik cabang MTQ maupun Musabaqah Hifdz Al-Qur'an (MHQ), Indonesia berhasil memborong tiga piala sekaligus hingga mengantarkannya sebagai juara umum MTQ Internasional 2019. Mukhlis berhasil menjadi juara satu MTQ putra, Adriyan juara satu MHQ putra, dan Nur Laili juara MHQ Putri.

Indonesia diwakili oleh Muhkhlis Latasi dari Sulawesi, Nur Layli dari Nusa Tenggara Barat, dan Adriyan dari Jakarta. Selain itu, beberapa negara yang behasil menjadi finalis di antaranya Malaysia, Turki, Tajikistan, Kirgistan, Nigeria, Irak, dan Afganishtan.

Kejuaraan ini mendapat apresiasi dari Presiden PPMI Mesir, Saeful Jihad, Lc. Dia mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah sama-sama menyukseskan gelaran agenda akbar ini, terutama kepada Grand Syaikh Al-Azhar Asy-Syarief, WAAG Azhar, dan KBRI Kairo.

Seful Jihad juga tak lupa mengucapkan selamat kepada para pemenang yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Para finalis berhak mendapat haknya berupa tiket umrah yang disediakan oleh salah satu pengusaha asal Mesir. Sayyid Muhammad Ragab selaku pemilik perusahaan ritel Ragab Sons memberikan 12 tiket umrah untuk 12 finalis MTQ Internasional 2019.

"Saya sangat senang sekali dengan diadakannya acara MTQ Internasional ini. Dengan acara ini kecintaan kepada Al-Qur'an akan bertumbuh dan saya senang bisa membantu para pelajar asing yang sedang belajar di Mesir" ujarnya.

Sementara itu, Syaikh Fauzi Barbari yang merupakan Imam di Masjid Al-Azhar sekaligus dewan juri MTQ Internasional 2019 mendoakan keberkahan untuk seluruh peserta dan hadirin yang hadir.