Ziarah di Makam KH. Mubasyir Mundzir, Muasis Pesantren Ma'unah Sari Kediri

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam KH. Mubasyir Mundzir, Muasis Pesantren Ma'unah Sari Kediri

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - KH. M. Mubassyir Mundzir adalah sosok kyai kharismatik, bersahaja dan ahli ilmu agama. KH. M. Mubassyir Mundzir adalah pendiri dan pengasuh pondok pesantren “Tahfidzul Qur’an Ma’unah Sari” Bandar Kidul, Kediri, Jawa Timur.

Pesantren Ma’unah Sari adalah merupakan suatu Lembaga Pendidikan yang menyediakan program menghafalkan al-Qur'an (bil-Ghaib), disamping juga tersedia program pengajian Al-Qur'an Bin-Nadhar (tidak menghafal).

Dari berbagai sumber informasi yang ada, Pesantren ini didirikan pada tahun 1967 oleh KH.M.Mubassyir Mundzir, pada awal berdirinya, pesantren ini lebih mengkhususkan diri pada bidang Tashawwuf, terutama peng-’Istiqomah’-an sholat berjamaah dan wirid/dzikir. Hal ini berjalan kurang lebih selama lima tahun, pesantren inipun pada saat itu hanya menerima santri putera.

Barulah, pada tahun 1973, setelah beliau menikah, Pesantren ini menerima santri puteri. Dan mulai pada tahun itu pula, Pesantren ini mulai membuka Program Pengajian Al-qur-an Bil-Ghoib (hafalan). Hal ini adalah karena isteri beliau,ibu Nyai Hj.Zuhriyyah adalah merupakan seorang Hafidhah(penghafal) Al-Qur-an.

Lebih dari itu, beliau juga merupakan puteri dari Ulama terkenal, KH.Munawwir Krapyak Jogjakarta, yang selain seorang Hafidh, juga termasyhur sebagai Perintis Pesantren Tahfidh al-Qur-an di Indonesia, seorang kampiun dalam bidang Ilmu-Ilmu Al-Qur-an dan seorang ahli Qira-ah Sab’ah.

Profil

KH. M. Mubassyir Mundzir yang berasal dari Nganjuk ini, dilahirkan pada tahun 1919 M. Beliau adalah sosok ulama zuhud yang sangat disiplin dan tegas dalam memberlakukan atau mengamalkan ajaran dan aturan agama islam. Beliau juga dikenal sebagai ahli sholat, selalu istiqomah berjamaah dan tepat waktu. Isteri beliau, ibu Nyai Hj.Zuhriyyah adalah merupakan seorang Hafidhah(penghafal) Al-Qur-an, beliau merupakan puteri dari Ulama terkenal, KH. Munawwir Krapyak Jogjakarta

Untuk kelanjutannya tentang Profil beliau silahkan baca di Biografi KH. M. Mubassyir Mundzir

Lokasi Makam

Makam  KH. M. Mubassyir Mundzir berada di pemakaman keluarga pesantren Ma'unah Sari Jalan KH. Agus Salim no 8, Bandar Kidul, Kediri, Jawa Timur

Haul

Haul KH. Mubasyir Mundzir diperingati tiap tahun sekali di pondok pesantren Ma'unah Sari Kediri pada bulan Jumadil Akhir Tahun Hijriah.

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani

1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah

Makam KH. M. Mubassyir Mundzir banyak dikunjungi para peziarah dan santri. Tak hanya datang dari wilayah Kediri saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang berziarah di makam beliau yang berada di Komplek pemakaman keluarga pesantren Ma'unah Sari

Ada keyakinan dari masyarakat dan santri yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam KH. M. Mubassyir Mundzir dimudahkan dalam hajatnya, dimudahkan dalam mencapai cita-citanya, dimudahkan dalam mencari ilmu, dimudahkan dalam mencari rezeki.

Oleh-oleh

Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Kediri di antaranya:
Sambal Tumpang, Carang Mas, Coklat Tempe, Batik Kediri, Getuk Pisang Kediri, Tahu Takwa, Tahu Pong