Inilah 23 Nama Kopi Indonesia yang Menang Penghargaan di Paris

 
Inilah 23 Nama Kopi Indonesia yang Menang Penghargaan di Paris

LADUNI.ID, Jakarta – Dalam kompetisi "Coffee roasted in their country of origin" yang diadakan oleh Agency for the Valorization of the Agricultural Products atau AVPA, terdapat 23 kopi asal Indonesia yang pernah menang dalam kompetisi tersebut.

Penghargaan AVPA Gourmet Product diberikan pada pameran SIAL Paris, Perancis. AVPA merupakan organisasi Perancis yang bertujuan membantu para produsen produk pertanian dari seluruh dunia untuk memasarkan produk mereka di pasar Eropa.

Seperti dilansir Laduni.id dari laman KompasTravel, berikut merupakan daftar produsen, roastery dan petani dari Indonesia yang mendapatkan penghargaan Gourmet Product Paris tahun lalu.

  1. AEKI koperasi koerintji - Bronze Gourmet
  2. AEKI Garut Dr. Arffi - Bronze Gourmet
  3. AEKI Kintamani - Simple Gourmet
  4. AEKI D'Lampung - Bronze Gourmet
  5. AEKI Temanggung Farmer Deddy - Bronze Gourmet
  6. AEKI Toraja Sulotco - Silver Gourmet
  7. Anomali Coffee Gunung Halu - Silver Gourmet
  8. Arabica Van Cidaweung - Simple Gourmet
  9. Cimbang Sinabung - Simple Gourmet
  10. Gayodi - Simple Gourmet
  11. Javanero Pasundan Natural - Simple Gourmet
  12. Javanero Pasundan - Simple Gourmet
  13. Javanero Papandayan - Simple Gourmet
  14. Kopiku Tanah Air Kita, Papaku Manggarai - Gold Gourmet
  15. Kopiku Tanah Air Kita, Gembala Baik - Bronze Gourmet
  16. Le Plein d'Sens Kopi Luwak France - Gold Gourmet
  17. Locarasa, Yogyakarta Volcanic Merapi - Simple Gourmet
  18. Mangani Bali, Sweet Honeydew - Gold Gourmet
  19. Onepus Takengon - Bronze Gourmet
  20. Robusta Van Catangmalang Winey - Silver Gourmet
  21. Robusta Van Catangmalang Ciragi - Bronze Gourmet
  22. Tanamera Flores Honey - Silver Gourmet
  23. Tanamera Bali Umejero - Silver Gourmet

Presiden juri dan ahli organoleptik AVPA, Andre Rocher mengatakan bahwa dirinya terkejut dengan kualitas kopi Indonesia yang sangat bervariasi. Selain itu menurut juri Serge Edmond mengatakan bahwa Indonesia termasuk negara memiliki kualitas roasting yang baik. 23 Kopi Indonesia mendapatkan penghargaan AVPA Gourmet Product di pameran SIAL Paris, Perancis, Selasa (23/10) tahun lalu.

“Untuk mengembangkan kopi Indonesia di Eropa, produsen dan roastery di Indonesia harus lebih kompak lagi menunjukkan kopi Indonesia di Eropa, sehingga tidak kalah dengan negara-negara Amerika latin dan Amerika Tengah yang selalu kompak bersama,“ kata Indonesian Country Manager AVPA France, Annelis Putri seperti dilansir Laduni.id, dari laman KompasTravel.

Ia mengatakan banyak partisipan yang terkejut melihat daftar pemenang dari Indonesia yang jumlahnya cukup banyak. Selain Indonesia, yang juga mendapatkan penghargaan terbanyak adalah Kolombia dengan 25 penghargaan dari 14 produsen kopi.

Sementara negara lainnya yang ikut dalam kompetisi ini diantaranya dari Brazil, Kamerun, Kongo, US (Hawaii), Gabon, El Salvador, Honduras, Kenya, Laos, Meksiko, Peru, Puerto Rico, Tanzania, Togo, dan lainnya.