Biografi KH Ayip Abbas Buntet

 
Biografi KH Ayip Abbas Buntet

Beliau Putra ketiga KH Abdullah Abbas ini merupakan sosok yang dikenal nyentrik. Pasalnya, ia banyak bergaul dengan masyarakat yang termarjinalkan. Penasihat Pengurus Pusat Pencak Silat Pagarnusa ini merangkul geng motor XTC yang dikenal begitu bringas aksinya di wilayah Cirebon. Berkat tangan dinginnya, mereka mengubah aksinya menjadi santunan.

Di samping itu, Kiai Ayip juga dikenal kerap mendirikan majelis shalawat di berbagai tempat. Di Ciputat, misalnya, ia mendirikan majelis shalawat bersama mahasiswa-mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Merupakan cucu KH Abbas yang masyhur dalam peristiwa perang revolusi 10 November 1945. Meski memiliki nama besar, almarhum merupakan salah satu ulama yang dikenal tawaduk.

Kang Ayip, biasa disapa, tidak hanya dekat dengan santri, tapi juga semua kalangan. Terbukti, almarhum dekat dengan kalangan anak-anak motor di wilayah 3 Cirebon yang dikenal sangar.

Karena ketawadukannya, Kang Ayip mau berkumpul dengan anak-anak motor. Dengan tangan dinginnya, bahkan Kang Ayip rutin menggelar selawat munajat dan istighotsah.

Karena kedekatannya, tidak hanya kalangan santri yang kehilangan. Tapi kalangan yang tidak pernah bersentuhan dengan pesantren, merasa kehilangan dengan kepergian almarhum.

Saat ini beliau tinggal di Desa Padangbenghar Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan. Salah satu aktivitasnya adalah mengelola jamiyah sholawatan yang diikuti oleh beberapa club sepeda motor, anak jalanan, anak punk dan komunitas lainnya.

Kewafatannya

Kepergian kiai nyentrik itu meninggalkan duka mendalam bagi keluarga besar Pondok Buntet Pesantren, Cirebon. Keluarga besar Nahdlatul Ulama menyampaikan ucapan duka cita mendalam atas meninggalnya Kiai Abbas.

“Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Keluarga Besar Nahdlatul Ulama menyampaikan bela sungkawa atas berpulangnya KH Ayip Abbas, Pengasuh Al-istiqomah Pondok Buntet Pesantren. Putra Almarhum KH Abdullah Abbas di RS. Hasna Medika Sabtu, 12 Rajab 1441 H/7 Maret 2020 M, Pkl 01.03 Wib,”.

 

Sumber: Dari Berbagai Sumber