Pesantren Al Amien Kabupaten Jember

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP2
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz0 Laboratorium2
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren Al Amien Kabupaten Jember

Profil

Pondok Pesantren Al Amien adalah salah satu pesantren yang terletak di dusun Kebonsari Sabrang Ambulu Jember Jawa Timur. Pesantren ini didirikan oleh KH. Masduqi Musthofa pada tahun 1948. Selain materi pelajaran mengenai ilmu syari’at di tempat ini beliau juga melakukan pengembangan thoriqoh An-Naqsabandiyah Al kholidiyah.

Berawal dari masjid yang terletak di Dusun Kebonsari Desa Sabrang Kecamatan Ambulu, Masjid Sidodadi merupakan tempat cikal bakal berdirinya pondok pesantren Al Amien, disana KH. Masduqi Musthofa mendirikan sebuah pesantren salaf yang pada awalnya beliau hanya melakukan pembelajaran menggunakan metode Sorogan (santri membaca sendiri materi pelajaran kitab kuning di hadapan guru). Dan di tempat yang dijuluki Pondok Kebonsari ini KH. Masduqi Musthofa juga membina Pasulukan Thoriqoh Naqsabandiyah kepada para santrinya.

Pada tahun 1968 Kyai Masduqi berpulang ke rahmatullah, dikala itu putra-putra beliau masih kecil sehingga estafet perjuangan di lanjutkan oeh adik beliau yakni KH. Amanu Musthofa.

Dimasa KH. Amanu musthofa Pondok Kebonsari ini mengalami perkembangan yang cukup pesat, santri yang berdatangan menimba ilmu semakin banyak dan beragam. Kenyataan tersebut telah mendorong Pondok Pesantren Al Amien beberapa kali telah melakukan perubahan kebijakan yang berkaitan dengan sistem pendidikan. Di masa ini yang pertama hanya menggunakan metode sorogan di tambah dengan metode weton atau bandongan (kyai membaca kitab dan santri memberi makna). Semua bentuk pengajaran tersebut tidak dibedakan dalam jenjang kelas. Kenaikan tingkat pendidikan dinyatakan dengan bergantinya kitab yang khatam (selesai) dikaji dan diikuti santri. Materi pelajarannya pun khusus berkisar tentang pengetahuan agama Islam, ilmu syari’at dan Tasawwuf.

Pada Tahun 1971, KH. Amanu Istikhoroh tentang nama apa yang pantas untuk Pesantren Kebonsari ini, maka atas petunjuk Allah yang terlihat di tangan beliau bertuliskan Al Amien , beliau juga menyuruh Santri sepuh pondok (salah satunya Bpk. Imam Syafi’i kebonsari & Bpk. Nawawi jatimulyo) untuk segera membuat logo Al Amien.

Tahun 1989, KH. Amanu Musthofa Wafat, dan di teruskan Oleh KH. Moh.Imam Ghozali Masduqi (Putra Pertama KH. Masduqi). Di masa ini mulai diterapkan penerapan sistem madrasi (klasikal) dengan mendirikan Madrasah Diniyah Manba’ul Ulum yang mana di madin ini Sistem pengajaran disajikan secara berjenjang dalam dua tingkat, yakni Ibtidaiyah (6 Kelas) dan Tsanawiy ( 2 kelas).

Seiring Berjalannya waktu, Dengan berpegang teguh pada kaidah “Al-Muhafadhotu Alal Qodimis Sholeh Wal Akhdu Bil Jadidil Ashlah” (memelihara budaya-budaya klasik yang baik dan mengambil budaya-budaya yang baru yang konstruktif), maka Pondok Pesantren Al Amien dalam perjalanannya senantiasa melakukan upaya-upaya perbaikan dan kontektualisasi dalam merekonstruksi sistem pendidikan dan manajemen. Hingga pada tahun 1995 KH. Abdul Haq Syamsul Arifin, S.Sos, M. Si ( Putra Bungsu KH. Masduqi) mendirikan Pendidikan Formal yang di mulai dari jenjang MTs, dan diteruskan pada jenjang Madrasah Aliyah di tahun 2000, SMP Plus di tahun 2005, dan SMK di tahun 2014.

Usaha-usaha ke arah pembaharuan dan modernisasi memang sebuah konsekwensi dari sebuah dunia yang modern. Namun Pondok Pesantren Al Amien dalam hal ini mempunyai batasan-batasan yang kongkrit, yakni pembaharuan dan modernisasi tidak boleh mengubah atau mereduksi orientasi dan idealisme pesantren salaf. Sehingga dengan demikian Pondok Pesantren Al Amien tidak sampai terombang-ambing oleh derasnya arus globalisasi, namun justru sebaliknya dapat menempatkan diri dalam posisi yang strategis, dan bahkan dianggap sebagai alternatif oleh masyarakat sekitar yang sering menyebutnya sebagai solusi pendidikan masa depan.

Pendiri 
KH. Masduqi Musthofa

Pengasuh
1. KH. Masduqi Musthofa
2. KH. Yusuf Masduqi
3. KH. Abdul HaqSyamsul Arifin S.Sos, MSi
4. KH. Muhammad Jazuli Amanu SPd.I
5. KH. Amanu Musthofa
6. KH. Moh.Imam Ghozali Masduqi
7. KH. Agus Muhammad Yasin

Pendidikan

 Pendidikan Formal
1. SMP Plus Al Amien
2. MTs  Al Amien
3. MA Al Amien
4. SMK Al Amien
Pendidikan Non Formal:
1. Pondok Modern Al Ashri           
2. Pondok Tahfidzul Qur'an Al Amien 
3. Madrasah Diniyah Mamba'ul Ulum
4. TPQ Al Amien
5. Alumni

Ekstrakurikuler

1. Catur
2. Kaligrafi
3. Jurnalistik
4. Hadrah
5. Rajut
6. Seni Baca Al Qur'an
7. Tenis meja
8. Voli
9. Sepakbola/Futssal
10. Digital Marketing


Muthola'ah kitab kuning di pesantren Al Amien 


Ziarah di pesantren Al Amien 

Fasilitas

1. Ruang belakar yang kondusif representatifserta suasana belajar yang aman, nyaman, dan menyenangkan.
2. Laboratorium IPA dan Komputer
3. Ruang baca yang nyaman dan tenang
4. Peralatan Ekskul yang memadai
5. KOPSIS (koperasi siswa) yang bersih dan lengkap
6. Asrama putra dan putri
7. Hotspot Area
8. Lapangan Futsal

Gedung pesantren di pesantren Al Amien 


Gedung pesantren di pesantren Al Amien 

Alamat

Jl. K. Masduqi, Desa Sabrang, Kecamatan Ambulu Kab. Jember, Jawa Timur
Telpon:                                            
 ​Kantor SMP Plus – MTs – MA SMK ( 0336-883957)
Kantor putra:                                0822-2883-5980
Kantor putri :                                0822-2817-7751
Kantor Hidayatul mubtadi’at(rusunawa):  0813-5800-3319
Kantor Tahfidz putra :                      0821-4309-3960
Kantor tahfidz putri:                         0822-4588-8449
Pondok A-Ga putri & Tpq :              0812-8878-3103
Pondok A-ga putra &Madin:            0812-8488-4140
Email: admin@alamienjember.ac.id
Kode Pos : 68172

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.