Pesantren Al Amien Kabupaten Jember

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP2
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz0 Laboratorium2
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren Al Amien Kabupaten Jember

Profil

Pondok Pesantren Al Amien adalah salah satu pesantren yang terletak di dusun Kebonsari Sabrang Ambulu Jember Jawa Timur. Pesantren ini didirikan oleh KH. Masduqi Musthofa pada tahun 1948. Selain materi pelajaran mengenai ilmu syari’at di tempat ini beliau juga melakukan pengembangan thoriqoh An-Naqsabandiyah Al kholidiyah.

Berawal dari masjid yang terletak di Dusun Kebonsari Desa Sabrang Kecamatan Ambulu, Masjid Sidodadi merupakan tempat cikal bakal berdirinya pondok pesantren Al Amien, disana KH. Masduqi Musthofa mendirikan sebuah pesantren salaf yang pada awalnya beliau hanya melakukan pembelajaran menggunakan metode Sorogan (santri membaca sendiri materi pelajaran kitab kuning di hadapan guru). Dan di tempat yang dijuluki Pondok Kebonsari ini KH. Masduqi Musthofa juga membina Pasulukan Thoriqoh Naqsabandiyah kepada para santrinya.

Pada tahun 1968 Kyai Masduqi berpulang ke rahmatullah, dikala itu putra-putra beliau masih kecil sehingga estafet perjuangan di lanjutkan oeh adik beliau yakni KH. Amanu Musthofa.

Dimasa KH. Amanu musthofa Pondok Kebonsari ini mengalami perkembangan yang cukup pesat, santri yang berdatangan menimba ilmu semakin banyak dan beragam. Kenyataan tersebut telah mendorong Pondok Pesantren Al Amien beberapa kali telah melakukan perubahan kebijakan yang berkaitan dengan sistem pendidikan. Di masa ini yang pertama hanya menggunakan metode sorogan di tambah dengan metode weton atau bandongan (kyai membaca kitab dan santri memberi makna). Semua bentuk pengajaran tersebut tidak dibedakan dalam jenjang kelas. Kenaikan tingkat pendidikan dinyatakan dengan bergantinya kitab yang khatam (selesai) dikaji dan diikuti santri. Materi pelajarannya pun khusus berkisar tentang pengetahuan agama Islam, ilmu syari’at dan Tasawwuf.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.