Khataman Al Qur'an di Bulan Ramadhan

 
Khataman Al Qur'an di Bulan Ramadhan

LADUNI.ID, Jakarta - Staf dan karyawan Pertamina Perak menghubungi saya untuk khataman online, sebelum khataman saya diminta menyampaikan dalil-dalil seputar keutamaan mengkhatamkan Al-Qur'an di bulan Ramadhan. Sebab rutinitas mereka setiap Ramadhan adalah khataman Al-Qur'an di musholla kantornya. Namun saat ini khataman secara online.

Di samping hadis yang sudah populer dalam riwayat al-Bukhari bahwa malaikat Jibril dan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam saling membacakan Al-Qur'an sampai khatam di bulan Ramadhan, maka para ulama Salaf baik para Sahabat, Tabi'in hingga imam-imam Madzhab juga meningkatkan jumlah khataman Al-Qur'an. Berikut beberapa riwayat yang dihimpun oleh Al-Hafidz Adz-Dzahabi:

فعن إبراهيم النخعي قال : كان الأسود يختم القرآن في رمضان في كل ليلتين

Ibrahim An-Nakhai berkata bahwa Al-Aswad mengkhatamkan Al-Qur'an di bulan Ramadhan setiap 2 malam (Siyar A'lam An-Nubala' 4/51)

وكان قتادة يختم القرآن في سبع ، فإذا جاء رمضان ختم في كل ثلاث ، فإذا جاء العشر ختم في كل ليلة .

Qatadah khatam Al-Qur'an setiap 7 hari sekali. Jika sudah datang Ramadhan maka ia khatam 3 hari sekali. Jika sudah datang 10 hari akhir Ramadhan maka ia khatam setiap malam (Siyar A'lam An-Nubala' 5/276)

وقال الربيع بن سليمان : كان الشافعي يختم القرآن في رمضان ستين ختمة .

Rabi' bin Sulaiman berkata bahwa Asy-Syaafi'i khatam Al-Quran di bulan Ramadhan sebanyak 60 kali khatam (Siyar A'lam An-Nubala' 10/36)

Artinya Imam Syafi'i sehari khatam 2x. Ikhtiar kita meskipun tidak sama dengan para ulama di atas minimal bisa khataman bersama 1 juz sudah memiliki pahala di bulan mulia ini.

Oleh: Ustadz Ma'ruf Khozin
_______________________________________________________________-
Aktifkan Nada Sambung pribadi Tausiyah Ustadz Ma'ruf Khozin "LIMA ALAM KEHIDUPAN"
Dengan cara kirim SMS: LAKDO kirim ke 1212
Tarif: Rp. 3850 / 7 hari