TKIT Azharul Ulum Sukoharjo

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
TKIT Azharul Ulum Sukoharjo

Profil
TKIT Azharul Ulum adalah salah satu bentuk kepedulian sosial keluarga HM Sri Lahir Prawiro di bidang pendidikan dalam rangka membentuk generasi Rabbani yang sehat, cerdas dan kreatif berlandaskan iman dan taqwa. Terpanggil oleh nurani dan firman Allah maka sebagai buahnya adalah pendirian Taman Pendidikan yang diarahkan pada pemberian nilai dasar anak usia dini.

“Dan hendaklah mereka takut kepada Alloh orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertaqwa kepada Alloh dan hendkalah mereka mengucapkan perkataan yang benar.”(Q.S. 4:9)

Anak adalah generasi masa depan dan agar menjadi SDM yang berkualitas harus kita siapkan sedini dan semaksimal mungkin. Menurut pandangan kami usia balita (0-5 tahun) adalah usia anak yang paling vital dalam optimalisasi dan pengembangan kecerdasan sebagaimana para pakar pendidikan mengatakan bahwa “pendidikan yang paling utama bagi seorang anak yaitu pada kurun waktu 4 tahun pertama, masa pra sekolah, dan menyebutnya sebagai tahun keemasan (golden age).

DR.Benyamin S.Bloom, pakar pendidikan dari Universitas Chicago Amerika Serikat berpendapat bahwa perkembangan potensi intelegensia otak anak mencapai 50% pada usia 0-4 tahun, bertambah 30% (jadi 80%) pada usia 8 tahun dan naik 20% (100%) pada usia 18 tahun. Dengan demikian kurun 0-5 tahun sangat penting dalam optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan ke 4 potensi dasar (fisik,emosi,intelektual,dan spiritual), baik melalui pemenuhan gizi maupun melalui pemberian stimulasi berfikir dan stimulasi mental.

Untuk itu kami (TK IT Al_Azharul ‘Ulum) hadir sebagai partner orang tua(masyarakat dan pemerintah) dalam upaya mengembangkan dan mengoptimalkan perkembangan IQ (Intelectual Quotiont/Kecerdasan Intelektual), EQ (Emotional Quotiont/Kecerdasan Emosi), dan SQ (Spiritual Quotiont), sehingga terbentuk generasi Rabbani yang sehat, cerdas,dan kreatif .

Visi dan Misi
Visi :
“Terwujudnya generasi rabbani yang beriman, cerdas, beraqidah, sehat, dan berakhlakul karimah.”
Misi
a. Membentuk generasi yang sehat, yang beraqidah salimah,beribadah yang benar dan ber-akhlaqul karimah serta berakal fathonah.
b. Mempersiapkan anak agar memiliki kemampuan dasar intelektual, emosional, dan spiritual yang bisa menjadi bekal sebelum memasuki jenjang pendidikan dasar.
c. Menyiapkan anak untuk memiliki kecakapan dalam mengatur perilaku keseharian secara islami.
d. Menyiapkan anak menguasai kemampuan dasar Pengetahuan dan Teknologi.
e. Menyiapkan anak untuk mengasah bakat dan potensinya secara optimal.
 Tujuan
Membantu meletakkan dasar kea rah perkembangan sikap, pengetahuan, ketrampilan, dan daya cipta yang diperlukan oleh peserta didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya.

 Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
1. Memiliki akhlak dan budi pekerti yang luhur (akhlakul karimah)
2. Memiliki sikap,dan prilaku islami serta memiliki kemampuan dasar yang optimal sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan.
3. Pengembangan nilai agama:
a. Akhlakul Karimah
b. . Pengucapan Kalimat Thayyibah
c. . Hafalan Do’a Harian
d. . Hafalan Surat Pendek
e. . Praktek Sholat
f. . Pengetahuan Agama
g. . Mengenal Huruf Hijaiyyah
4. Mampu mengamalkan cara hidup di lingkungannya secara islami.

Program Kegiatan Belajar
1. Program kegiatan belajar mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan muatan lokal (Mulok).
2. Program Pengajaran Ciri Khusus:
a. Tasmi (mendengarkan bacaan Al Qur’an)
b. Belajar membaca Al Qur’an (Metode Iqro)
c. Hafalan ayat-ayat Al Qur’an, Doa’-doa’ harian dan Hadits Nabi
d. Program Kreativitas
e. Kunjungan Edukasi (Kebun binatang, Masjid Agung, lapangan udara, )
f. Fun Cooking/makan bersama secara islami.
g. Rihlah (Jalan-jalan)
h. Mabit (Bermalam/kemah)
i. Praktek Ibadah (Sholat, Shaum, Infak, dll)
j. Olahraga (Senam, Renang)
k. Program Perpustakaan
l. Outbond
m. Periksa kesehatan



 Ekstra Kurikuler
a. Mengaji
b. bahasa Inggris
c. Drum Band
d. Menari dan Menyanyi
e. Renang.

Model Belajar
Model Pembelajaran merupakan pola pembelajaran yang didesain, diterapkan, dan dievaluasi secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang efektif. Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) diterapkan di TK Islam Al-Azhar Ulum sehingga terwujud suasana belajar yang MENYENANGKAN, MENGASYIKAN,dan MENCERDASKAN (JOYFUL LEARNING) Model belajar yang diterakan , antara lain:
1. Learning with fun (Belajar dengan Menyenangkan)
2. Learning by doing (Belajar dengan Mengerjakan)
3. Private Learning (Khusus untuk Belajar Qur’an dan Membaca)
4. Clasical Learning (Belajar Bersama)
5. Take and Give (Interaksi aktif dan komunikasi 2 arah antara Guru dan Siswa)
6. Integralistik (Memadukan pengajaran Umum dengan Nilai-nilai Islam)

Fasilitas
1. Ruang Kelas Belajar
2. Kantor guru dan pimpinan
3. Masjid
4. Ruang UKS
5. Ruang Perpustakaan
6. Ruang layanan Bimbingan
7. Sarana bermain outdoor (ayunan, jungkitan, puteran, tangga) dan indoor (puzzle, balok, lego).
8. Ruang bermain in- door
9. Angkutan antar jemput
10. Media bercocok tanam/kebun dan sawah,.
11. Fasilitas Kebersihan (MCK)



Alamat
:Kp. Jln Raya Menur-Telukan Km 4 DesaParangjoro, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo.
Kode Pos: 
Telp. (0271) 7080149